Postingan

Jenis-jenis Scanner

Gambar
Jenis-jenis Scanner Scanner adalah alat untuk memindai benda (tulisan, gambar, benda hidup, atau mati) ke bentuk format digital. Seiring perkembangan teknologi, scanner pun mengalami perubahan baik dalam bentuk maupun fungsinya. Teknologi scanner berasal dari teknologi yang diusung oleh mesin Fax dan Telephotography. Pantelegraph (Italia: pantelegrafo; Perancis: pantélégraphe) merupakan bentuk awal dari mesin facsimile (mesin fax) yang “menyalurkan” data melalui kabel telegraf. Diciptakan oleh Giovanni Caselli, dan mulai dipasarkan pada tahun 1860-an. Alat ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk membaca permukaan benda yang dipindai dan kemudian diterjemahkan ke bentuk digital lewat teknik telegraf. Alat awal ini mampu membaca tulisan, tanda tangan dan gambar seluas 150 x 100 mm. Kemudian pada tahun 1913, Édouard Belin, mengembangkan teknologi ini dengan menyalurkannya melalui kabel telepon yang lebih cepat, dan mampu mengirim data lebih besar dibanding kabel telegraf

Pengertian Animasi

  1. Modeling Proses ini adalah proses pembuatan model objek dalam bentuk 3D di komputer. Model bisa berupa karakter (makhluk hidup), seperti manusia, hewan, atau tumbuhan; atau berupa benda mati, seperti rumah, mobil, peralatan, dan lain-lain. Model harus dibuat dengan mendetail dan sesuai dengan ukuran dan skala pada sktesa desain/model yang telah ditentukan sebelumnya sehingga objek model akan tampak ideal dan proporsional untuk dilihat. 2. Texturing Proses ini adalah proses pembuatan dan pemberian warna dan material (texture) pada objek yang telah dimodelkan sebelumnya sehingga akan tampak suatu kesan yang nyata. Pemberian material atau texture pada objek 3D akan mendefinisikan rupa dan jenis bahan dari objek 3D. Material atau texture dapat berupa foto atau gambar yang dibuat dengan aplikasi software 3D, seperti 3ds max, Maya, dan lain-lain, atau dengan bantuan software digital imaging, seperti photoshop, photoPaint, atau Gimp. 3. Rigging Proses ini adalah proses pembuatan tulang p

Dasar-dasar Kreatifitas

  SILABUS MATA PELAJARAN   Nama Sekolah                : SMK YASMIDA AMBARAWA Bidang Keahlian             : Seni dan Industri Kreatif Kompetensi Keahlian      : Semua Kompetensi Keahlian Mata Pelajaran                : Dasar – Dasar Kreativitas Durasi (Waktu)               : 72 JP   KI-3 (Pengetahuan)     : Memahami,   menerapkan,   menganalisis,   dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Seni dan Industri Kreatif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.   KI-4 (Keterampilan)      : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedurkerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masala