Modul 2

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Kelas XI TJKT

KOMPETENSI DASAR     :

3.2.           Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

4.2.           Menentukan peluang usaha produk barang/jasa

Indikator pencapaian    :

3.2.1      Memahami   analisis SWOT

3.2.2      Menerapkan metode analisis peluang usaha secara sederhana

3.2.3      Menganalis peluang usaha dari suatu produk

barang/jasa

4.2.1   Menentukan peluang usaha produk barang/jasa

4.2.2  mempresentasikan  hasil analisis peluang usaha

 

Target peencapaian      :

1.    Siswa mampu menyusun analisis study kelayakan usaha pada pada perangkat lunak/atau perangkat keras

2.    Siswa mampu menyusun analisis peluang usaha secara sederhana dengan menggunakan analisis SWOT

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

 

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan jurusan teknik komputer jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

 

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan jurusan teknik komputer jaringan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi,

kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

Pengertian analis peluang usaha

Adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan ,dilaksanakan,dan untuk memberikan keuntungan dikemudian hari.

Cara mengidentifikasi peluang usaha yang ada bisa dicari,asalkan wirausaha mau bekerja keras,ulet,dan percaya kepada kemmpuan diri sendiri .untuk menggali dan memenfaatkan peluang usaha seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif yaitu dengan cara :

a.   Percaya bahwa usaha dapat dilaksanakan

b.   Menerima gagasan baru

c.    Bertanya pada diri sendiri

d.   Mendengarkan saran dari orang lain

e.   Memiliki etos kerja tinggi

f.    Pandai berkomunikasi

Menurut paul charlap ada 4 rumusan mencapai sukses yang mencangkup

a.   Work hard / bekerja keras

b.   Work smart / bekerja cerdas

c.    Enthusiasm / kegairahan

d.   Service / pelayanan

Seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengarahkan dirinya guna memperoleh peluang,menyusun konsep usaha,merencanakan produk pasar,mengembangkan diri serta dibekali dengan teknik teknik usaha tertentu. Banyak bisnis usaha  yang bisa dikelola,mana yang akan dipilih  bergantung pada beberapa hal,antara lain :

a.   Minat seseorang

b.   Modal yang dimiliki

c.    Relasi yang dimiliki

d.   Dan berbagai peluang lainnya

Setiap usaha yang dijalani pasti berorentasi mencari laba,anamun saat anda berusaha,tidak akan terlepas dari resiko yang akan dihadapi.hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena hanya akan memperlambat dan menghambat usaha. Untuk mengantisifasinya persiapkan perhitungan secara matang .langkah usaha yang akan ditempuh sehingga akan mengurangi resiko yang dihadapi,ketersediaan informasi bagi seorang wirausaha mutlak diperlukan.

Setelah seorang wirausaha mewujudkan ide dan peluang usaha tersebut,sebaiknya mulailah dari usaha yang bersekala kcil terdahulu.disamping itu memperkecil resiko,langkah tersebut juga membantu mendayagunakan modal dan memantapkan strategi usaha. Dalam dunia bisnis  selalu ada ungkapan  “ dengan pengorbanan yang sekecil kecilnya u ntuk mendapatkan hasil yang sebesar besarnya “. Faktanya untuk menjalankan ungkapan tersebut memang sulit dan tidak semudah membalikan telapak tangan .

Tujuan dan manfaat analisis peluang usaha

Tujuan  dari disusunnya analasis peluang usaha untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak / tidak untuk dilaksanakan ,serta untuk mengethui laba dan rugi usaha tersebut kedepannya.

Analisis lain adalah dengan melakukan observasi langsung ke konsumen untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.dari observasi tersebut kita dapat mengetahui besar kecilnya minat konsumen terhadap usaha yang sedang dilaksanakan.kesimpulannya produk yang dibuat harus mampu menarik minat sehingga kegagalan usaha dapat dihindari,selain itu produk juga bisa  dibuat lebih terjangkau bagi konsumen dengan cara :

a.   Memilih dan membuat produk yang bermanfaat,berkualitas dan laku terjual denga harga bersaing

b.   Membuat desain baru dengan harga terjangkau

c.    Membuat produk lebih cepat dan murah

d.   Memilih dan menetukan wilayah pemasaran yang lebih menguntungkan

Metode pendekatan analisis peluang usaha

Peluang usaha baru dapat muncul dari sekitar kita ,biasanya dari siituasi yang tidak diduga .untuk mengembangkan ide dan gagasan tentang peluang usaha kita harus berpikir secara :

a.   Positif  arahkan pada hal hal yang mempermudah dan bermanfaat

b.   Kreatif arahkan pada hal hal yang akan membuat orang tertarik pada produk kita

c.    Iinovatif arahkan pada penciptaan produk baru yang berguna  dimasyarakat

d.   Inisiatif langsung bergerak jangan di tunda lagi

e.   Fleksibel sesuaikan dengan perubahan yang terjadi

f.    Responsible dapat selalu mengikuti perkembangan yang terjadi

Analisis peluang usaha merupakan salah satu cxara /strategi dalam memulai sebuah usaha agar dalam menjalankan usahanya seorang wirausahawan sudah memiliki gambaran seperti apa usahanya dan bagaimana cara mengelola dan menjalankan usahanya.adapun dalam pemilihan produk berupa barang yang dapat menciptakan peluang usaha adalah dengan mempertimbangkan produk produk yang :

a.   Mudah dalam pemakaian

b.   Efisien dalam penggunaanya

c.    Kualitas produk terjamin

d.   Hemat dalam pemakaian

e.   Adanya jaminan keamanan dalam pemakaian

 

Pemetaan analisis produk dapat diperjelas dan dikelompokan sbb:

a.   Produk yang dapat memeprmudah pekerjaan rumah

b.   Produk yang dapat mempermudah pekerjaan diluar rumah

c.    Produk lainnya yang dibutuhkan tanpa mengenal tempat

Metode yang digunakan dalam analisis peluang usaha adalah ;

1.  Analisis  SWOT

Adalah metode perencanaan strategi yang digunakan untuk menaganalisis :

a.   Kekuatan

b.   Kelemahan

c.    Peluang

d.   Ancaman

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi ke empat faktornya kemudian menerapkan dengan gambar matrik SWOT dimana aplikasinya adalah  :

a.   bagaimana kekuatan (strenght) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunity) yang ada ,

b.   bagaimana cara mengatasi kelemahan (threath) yang ada,

c.    bagaimana cara menatasi kelemahan (weakness)yang mampu membuat ancaman (threath) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

 

 

2.  analisis 5W+ 1H

Setelah melaksanakan analsis SWOT seorang wirausahawan juga bisa menggunakan analisis lainnya seperti analisis 5W+ 1H yang terdiri dari :

What        = jenis usaha apa yang kita ambil

Why         = kenapa memilih usaha tersebut

When       = kapan akan memulai usaha tersebut

Where      = Dimana kita akan memulai usaha

Who         = siapa yang akan terlibat dalam usahanya

How         = bagaimana cara membuatnya/proses produksi

 

Dengan menggunakan analisis tersebut wirausaha akan lebih mengetahui tentang usaha yang akan dipilihnya sehingga dapat memberikan gambaran  mengenai pelaksanaan usaha tersbeut.adapun langkah langkah  penyusunan analisis kelayakan secara lebih jelas agar memperhatikan seperti :

a.   amati kebutuhan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat

b.   kapan saja mereka membutuhkannya

c.    lihat karekteristik konsumen sperti kebutuhannya apa saja  jadi produk dapat disesuaikan dengan segmen konsumennya.

d.   Bagaimana daya beli konsumen

e.   Lihat ada pesaing atau tidak ,cari peluang usaha yang belum digarap oleh pesaing.

Setiap analisis peluang usaha akan menyesuaikan produk dan lingkungan sekitanya karena setiap produk dan lingkungan ( wilayah pemasaran) akan memiliki karekteristik dan wilayah yang berbeda ,sehingga seorang wirausaha juga harus mengetahui :

a.   Situasi dan kondisi kebiasaaan masyarkat

b.   Sosial dan budaya,pola hidup masyarakat

c.    Tingkat pendapatan dan pengeluaran serta pola ekonominya

d.   Keberagamana masyarakat  juga yang mendiami wilayah dari mana saja

e.   Pola kebutuhan masyarakat

Ketika perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin cepat dengan teknologi yang semakin banyak memberi perubahan maka berkembanglah suatu pola baru yang harus diikuiti oleh seorang wirausahawan .maka munculah aplikasi dalam smartpohe memberikan peluang tambahan yang harus dianalisis secara cermat agar memberikan laba. Contoh: orang banyak yang tidak akan mengira GOJEK semakin berkembang,dan hampir merubah pola hidup  masyarakat hanya dari suatu aplikasi ,namun disisi lain memberikan manfaat yang berefek domino adalah reaksi berantai yang terjadi ketika perubahan kecil menyebabkan perubahan serupa didekatnya yang kemudian menyebakan perubahan lain yang serupa.

3.  Study kelayakan usaha

Atau disebut juga analisis proyek bisnis yang pada dasarnya membahaas tentang berbagai konsep dasar yang berkaitan dengan keputusan  dan proses pemilihan proyek bisnis agar mampu memberikan manfaat ekonomis dan sosial sepanjang waktu.hasil study kelayakan usaha pada prinsipnya bisa digunakan untuk :

a.   Merintis usaha/produk baru

b.   Mengembangkan usaha yang sudah ada

c.    Memilih jenis usaha /proyek yang paling mneguntungkan

Study kelayakan usaha dapat dilakukan dengan cara :

a.   Tahap penemuan ide/gagasan  ialah mencari kemungkinan kemungkinan bisnis usaha yang bisa di identifikasi dan dirumuskan  misal membuat produk dari bahan lunak/keras.pembenihan ikan ,pembuatan kuliner,kosmetik sesuai keahlian

b.   Tahap formulasi tujuan adalah merumuskan visi misi  diwujudkan dalam tindakan

c.    Tahap analisis ialah proses sistematis yang harus dilakukan dengan memperhatikan aspek aspek  meliputi aspek pasar,aspek teknik produksi,aspek manajemen,aspek finansial

d.   Tahap keputusan ialah setelah dievaluasi ,dipelajari,memperhatikan hasil maka wirausaha harus bisa memutuskan apakah usaha tersebut dapat dilaksanakan/tidak.

Gagasan

Analisis:

1. Pasar

2. Produksi

3. Manajemen

4. Keunagan

5. Ekonomi

 

Keputusan

Tidak dilaksanakn

dlaksanakan

Visi dan misi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

Berikut ini adalah sistematika penyusunan  study kelayakan usaha secara sederhana:

1.    Pengenalan produk yang akan pilih/buah

2.    Bahan dan cara pembuatan seperti apa

3.    Cara penyadian/kemasanya bagaimana

4.    Gambaran usaha yang sudah dipilih dengan menyusun seperti :

a.    Gambaran volume produk yang ada

b.    Tempat usaha/lokasi usahanya dimana

c.     Perlengkapan usaha dan karyawan

d.    Cara mempromosikannya seperti apa

e.    Metode penetapan harga yang terjangkau oleh konsumen

f.     Resiko yang akan terjadi  dan pemecahannya.

g.    Trif dan trik pengelolaan usahanya bagaimana

5.    Asumsi dan penganggaran biaya usaha serta perkiraan  keuangannya meliputi :

a.    Masa penyusutan perlengkapan dan peralatan usaha

b.    Belanja bahan baku dan pendukung

c.     Jumlah pegawainya

d.    Jumlah porsi yang tersedia di pasaran biasanya meningkat seiring permintaannya.

e.    Biaya investasi awal

f.     Biaya operasional perbulan

g.    Penerimaan dan pengeluaran per bulan

h.    Keuntungan per bulan

 

Menurut Allan Filley dan robert W Priece ( 1991:1-2) untuk mencapai keberhasilan dalam wirausaha,ada beberapa analisis klasifikasi strategi yang harus dimiliki di antaranya :

1.    Craft, firms are prepared by people who are technical specialist / Kerajinan, perusahaan disiapkan oleh orang-orang yang merupakan spesialis teknis

2.    Promotion,promotion are typically dominated by their leader and are disgned to exploid some kind of innovative advantages/ Promosi, promosi biasanya didominasi oleh pemimpin mereka dan dirancang untuk memanfaatkan beberapa keuntungan inovatif

3.    Administrative,administrative firm have formal management necessausry business funtion./ Administrasi, perusahaan administratif memiliki fungsi bisnis yang diperlukan manajemen formal.

Perkembangan yang semakin cepat memberikan efek yang dahsyat kepada masyarakat apa lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan memberikan kemudahan sehingga merubah dan menggeser paradigma yang selama ini ada dimasyarakat seperti :

1.    Kebutuhan akan sandang pangan papan bukan merupakan prioritas utama lagi,namun tergantikan dengan kebutuhan rekreasi ,gaya hidup,dan interaksi dengan orang lain

2.    Kebutuhan akan berkumpul dengan teman tergeser lewat media sosial sehingga orang lebih banyak lewat media sosial dari pada kumpul di suatu tempat.

3.    Kebiasaan yang bnayak berubah diantaranya di berbagai bidang seperti bidang pendidikan,kesehatan,lainnya.

Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif

Kreativitas merupakan salah satu dari kemampuan manusia yang dapat memberi kepuasan dalam hidup,sehingga manusia dapat mengaktualisasikan dirinya dalam lingkungannya. Orang kreatif adalah orang yang cepat menangkap peluang  yang muncul  dari suatu kondisi lingkungan sekitarnya .orang kreatif akan memandang banrang yang oleh kebanyakan orang di anggap tidk berguna menjadi sangat berguna dan memiliki nilai jual.  Ada beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan secara kretif dan mampu menghasilkan  nilai tambah yaitu sbb:

1.   Memanfaatkan barang bekas

2.   Memnafaatkan barang yang disediakan oleh alam

3.   Memanfaatkan kejadian yang ada disekitar

4.   Memanfaatkan segala hal yang dianggap memberikan peluang dan kesempatan yang menguntungkan dikemudian hari dengan mengetahui cara pengolahan dan pemanfaatannya.

Tujuh  langkah proses berpikir kreatif di antaranya :

1.   Preparation adalah persiapan

2.   Investigation adalah investigasi / Upaya penelitian, penyelidikan, pengusutan, pencarian, pemeriksaan dan pengumpulan data, informasi, dan temuan lainnya untuk mengetahui/membuktikan kebenaran atau bahkan kesalahan sebuah fakta yang kemudian menyajikan kesimpulan atas rangkaian temuan dan susunan kejadian.

3.   Transformation adalah transformasi /  perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya):

4.   Incubation  /  proses penjagaan atau perawtan sesuatu hal dengan kondisi tertentu agar sesuatu hal tersebut dapat berkembang dengan baik

5.   Ilumination adalah penerangan /cara memberikan penjelasan harus jelas dapat dimengerti

6.   Verification adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya:

7.   Implementation adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. 

Inovasi adalah suatu proses pengubahan peluang menjadi gagasan yang dapat dijual dan diterima oleh masyarakat . inovasi bukan selalu berupa ide yang rumit,tetapi kadang inovasi berasal dari ide yang sepele dan sejenis saja.menurut kuratko ada 4 jenis inovasi :

1.   Invensi a/ penemuan baru yang telah diakui, diterima, dan ditetapkan/digunakan masyarakat, suatu penggabungan (kombinasi) baru atau kegunaan baru dari pengetahuan yang sudah ada.

2.   Ekstensi a/

3.   Duplikasi

4.   Sintesis

Menurut coleman dan hamman ,berpikir kreatif adalah berpikir yang menghasilkan metode baru ,konsep baru ,pengertian baru,perencanaan baru,dan seni baru .untuk berpikir kreatif diperlukan keberanian dan keyakinan pada diri sendiri,orang berpikir kreatif karena adanya dorongan untuk berprestasi yang tinggi serta kesadaran akan pentingnya  sesuatu yang baru.karena kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif yang dilakukan seseorang.

Contoh study kelayakan usaha

a.   Pengenalan produk :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.   Bahan dan cara membuat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.   Penyajian

 

Soto merupakan makanan yang mudah ditemukan hampir disemua daerah indonesia .banyak jenis soto yang kita kenal  baik dari nama daerah asal maupun dari bahan bakunya .dari sekian banyak soto yang ada ,soto ayam merupakan soto yyang sangat populer dan banyak penggemarnya .hampir disetiap tempat berkumpulnya para pedagang makanan pasti ditemukan soto.

 

 

Secara umum soto terbuat dari potongan daging ayam yang dilengkapi dengan kol,soun,toge,dan daun seledri yang dirajang.bumbu yang digunakan merica,bawang putih,bawang merah,kemiri,jahe,kunyit ,garam.kuah soto dibuat dengan cara daging daging ayam bersama bumbu direbus dalam sebuah panci.setelah empuk dagin g ayam diangkat ,air sisa rebusannya tetap didalam panci.

 

Soto ayam biasanya disajukan didalam mangkok,penyajiannya bisa dilengkapi dengan nasi /lontong ,baik dicampur atau disajikan repisah.agar soto ayam terasa lebih segar biasanya disajikan dengan perasan jeruk  mipis  dan sambal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Gambaran usaha

1.    Produk

Banyak penggemar soto ayam membuat usaha ini sangat menarik dan protektif untuk dijalankan.bahan bahan sotopun  diperoleh dipasar tradisional terdekat (desember 2006-jjanuari 2007) bumbu dan bahan lain dibeli dengan harga Rp.18000 –Rp.20000 per ekor.sekali belanja membutuhkan dana Rp.30.000 untuk 50 porsi.beras yang dibutuhkan berkisar 7 liter per hari dengan harga Rp.4000/liter.kesegaran ayam dan bahan bahan yang harus dibeli di perhatikan agar mutu masakan dan kepuasan konsumen tetap terjaga.

 

 

2.   Tempat usaha

Tempat usaha yang dipilih ini harus ramai agar banyak konsumen yang datang.lokasi pinggir jalan raya apalgi dekat dengan komunitas tertentu seperti sekolah,kampus,perkantoran,pusat perbelanjaan,komplek perumahan dan lingkungan pasar merupakan tempat ideal yang bisa dipilih untuk berjualan soto.biasanya untuk menyewa tempat rata rata Rp.10.000.000-Rp.15.000.000 per tahun untuk kios permanen.

 

 

3.   Perlengkapan usaha dan karyawan

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini ,diantanya gerobak berukuran sedang sebagai tempat menyimpan ayam,sayuran dan panci.gerobak juga berpungsi sebagai identitas usaha sehingga harus ditata agar memberikan ciri khas.misalnya gerobak diwarnai tertentu sehingga menjadi trademark tempat usaha.gerobak berukuransedang bisa dibuat dengan biaya sekitar 3.000.000 membeli peralatan memasak (panci,kompor,penggorengan) memerlukan dana sekitar 3.000.000,membeli peralatan makan dan minum dana  2.500.000 membeli meja dan kursi 5.000.000 serta gaji karyawan 700.000/ bulan

 

 

4.   Promosi

Promosi bisa dilakukan dengan cara memasang spanduk didepan tempat usaha atau menyebarkan brosur disekitar tempat usaha .promosi tidak kalah penting sebenarnya justru berasal dari konsumen yang sudah puas dengan produk kita dan akan melakukan promosi dari mulut ke mulut.menjaga mutu dan senantiasa mengutamakan kepuasan konsumen adalah sarana yang sangat ampuh.

 

 

5.   Penetapan harga

Harga soto ayam beserta nasi 6000-7000 dengan harga seperti itu.margin yang diperoleh bisa mencapai 40%

 

 

6.   Resiko

Dalam berwirausaha soto ayam ini diantara adalah pesaing yang semakin banyak bermunculan .resiko ini dapat diantisipasi jika sejak awal kita konsisten menyajikan soto ayam yang berkualitas dari segi rasa,selalu berorentasi pada konsumen melalui pelayanan yang memuaskan .resiko ini adlah berkurangnya pelanggan pada hari hari tertentu.resiko ini bisa diatasi dengan cara mengurangi stok pembelian bahan.

 

 

7.   Tip dan trik usaha ......

·       Memberi nama yang unik

·       Menjalain hubungan dengan suplayer bisa menghemat waktu dan tenaga

·       Membuat bumbu dengan jumalah banyak

·       Menyesuaikan rasa dengan selesa masyarakat setempat

·       Buka sejak pagi ciptakan tren sarapan dengan soto ayam

 

c.   Asumsi usaha soto ayam

Beberapa asumsi yang digunakan dalam analisis sbb :

a.   Masa pakai peralatan yang digunakan adalah  3 tahun,peralatan  masak 1 tahun,peralatan makan 1 tahun.meja kursi selama 3 tahun ,serta kelengkapan biaya lain( temapt bumbu,tempat tisu) 1 tahun

b.   Belanja bahan sudah termasuk bahan minuman

c.   Pemilik memiliki kemampuan memasak dan turun kelapangan dalam usaha sehingga hanya memerlukan satu pegawai....(atau boleh beberapa pegawai)

d.   Jumlah porsi  yang dijual merupakan analisis pada awal usaha.pada perkembangannya jumlah porsi yang di jual dapat meningkat.

e.    

 

Biaya investasi

ü Pembuatan grobak

ü Peralatan masak

ü Peralatan makan

ü Meja /kursi

ü Perlengkapan lain

 

 

Rp3.000.000

Rp3.000.000

Rp2.500.000

Rp5.000.000

Rp.  300.000

Di jumlahkan Rp13.800.000

 

 

Biaya operasioanl per   bulan

Biaya tetap :

ü Penyusutan grobak 1/36

ü Penyusutan peralatan masak 1/12

ü Penyusutan peralatan makan 1/12

ü Penyusutan meja dan kursi 1/36

ü Kelengkapan lain lain 1/12

ü Sewa tempat Rp........../tahun: 12 bulan

ü Gaji karyawan 1 orang

 

 

Rp83.000

 

Rp250.000

 

 

Rp208.500

 

 

Rp139.000

 

Rp25.000

Rp2.083.500

 

 

Rp700.000

 

Dijumlahkan Rp3.489.000

 

Biaya variabel

ü Belanja ayam dan lainnya

ü Beras 7 literxRp 4000 x 30 hari

ü Listrik

ü Keamanan dan kebersihan 

Rp4.500.000

 

Rp840.000

 

Rp400.000

Rp50.000

 

Dijumlahkan  Rp5.790.000

 

Biaya opreasioanal

( biaya tetap + biaya variabel )

Rp.9.279.000

 

Penerimaan perbulan :

 

ü Penjualan Rp6000x 50 porsi x 30 hari

ü Penjualan minuman Rp. 2000 X 50 porsi X 30 hari

Rp9.000.000

 

Rp3.000.000

 

 

Total penerimaan Rp.12.000.000

 

Keuntungan per bulan

Keuntungan = total penerimaan- total biaya operasional 12.000.000 - 9.279.000

Rp2.720.000

 

Pay back period ( kembali modal awal )

Total biaya investasi : keuntungan x 1 bulan

13.800.000 : 2.720.000 x1 bulan

Rp152.000.000 dalam 5 bulan

 

 

 

 

 

 

Tugas  1 :

Buat lah contoh study kelayakan usaha ( usaha bebas sesuai dengan bakat )

A.    Pengenalan produk :

 

 

3.   Bahan dan cara membuat

4.   Penyajian

 

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

B.    Gambaran usaha

8.    Produk

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

9.   Tempat usaha

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

10.       Perlengkapan usaha dan karyawan

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

11.       Promosi

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

12.       Penetapan harga

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

13.       Resiko

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

14.       Tip dan trik usaha ......

.......................................................................................................................................................................................................................................................

 

C.   Asumsi usaha ............

Beberapa asumsi yang digunakan dalam analisis sbb :

D.  Masa pakai peralatan yang digunakan adalah ( peralatan apa dan berapa taun)misal : gerobak 3 th.peralatan masak 1 th,peralatan makan 1 th.meja kursi selama 3 th serta kelengkapan lainnya (tempat bumbu,tempat tisu )1 th

E.   Belanja bahan sudah termasuk bahan minuman

F.   Pemilik memiliki kemampuan memasak dan turun kelapangan dalam usaha sehingga hanya memerlukan satu pegawai....(atau boleh beberapa pegawai)

G.  Jumlah porsi  yang dijual merupakan analisis pada awal usaha.pada perkembangannya jumlah porsi yang di jual dapat meningkat.

H.   

 

Biaya investasi

ü Pembuatan grobak

ü Peralatan masak

ü Peralatan makan

ü Meja /kursi

ü Perlengkapan lain

 

 

Rp.........

Rp............

Rp..........

Rp................

Rp...........

 

Di jumlahkan Rp..................

 

 

Biaya operasioanl per   bulan

Biaya tetap :

ü Penyusutan grobak 1/36

ü Penyusutan peralatan masak 1/12

ü Penyusutan peralatan makan 1/12

ü Penyusutan meja dan kursi 1/36

ü Kelengkapan lain lain 1/12

ü Sewa tempat Rp........../tahun: 12 bulan

ü Gaji karyawan 1 orang

 

 

Rp...............

 

Rp.............

 

 

Rp................

 

 

Rp..............

 

Rp...............

 

Rp...............

 

 

Rp............

 

Dijumlahkan Rp...............

 

Biaya variabel

ü Belanja ayam dan lainnya

ü Beras 7 literxRp.............x 30 hari

ü Listrik

ü Keamanan dan kebersihan 

Rp..............

 

Rp...............

 

 

Rp................

Rp................

 

Dijumlahkan  Rp.....................

 

Biaya opreasioanal

( biaya tetap + biaya variabel )

Rp..................

 

Penerimaan perbulan :

 

ü Penjualan Rp......x berapa porsi x 30 hari

ü Penjualan minuman Rp. ......... X berapa porsi X 30 hari

Rp................

 

Rp...............

 

 

Total penerimaan Rp............

 

Keuntungan per bulan

Keuntungan = total penerimaan- total biaya operasional

Rp......................

 

Pay back period ( kembali modal awal )

Total biaya investasi : keuntungan x 1 bulan

Rp................

 

Tugas individu 2 :

Menyusun analisis peluang usaha berdasarkan gambaran sekitar lingkungan kalian

ü Menyusun analisis peluang usaha dengan bahasa sendiri / membuat analisa penilaian suatu peluang usaha yang ada disekitar kita menggunakan ukuran dan data sendiri dan sekaligus membuat gambaran kedepan untuk usahanya .

ü Sistematika analisis peluang usaha bisa menggunakan metode analisis SWOT atau 5W+1H mana yang lebih sesuai dengan kemampuan siswa.

Jobsheet 1:

Menyusun analisis peluang usaha secara sederhana dengan menggunakan analisis SWOT :

1.   STRENGTH ( kelebihan ) diantaranya :

ü Kelebihan produk    : Lele berkulitas dan erkuantitas tinggi

 

ü Kelebihan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ) : memiliki pengetahuan usaha ternak lele

 

ü  Kelebihan tempat/kios yang digunakanBersih dan Higenis

 

 

2.   WEAKNES (kekurangan ) diantaranya :

ü Kekurangan produk : banyak lele yang mati ( terkadang )

 

ü Kekurangan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ) : Tidak tau apa yang harus di lakukan saat kerugian lele mati

 

 

ü Kekurangan tempat/kios yang digunakan : tempat tidak startegis

 

 

 

3.   OPPORTUNITY (peluang /kesempatan ) diantaranya :

ü Peluang produk di masyarakat : tinggi peminat

 

ü Peluang produyk dengan pesaingnya : sedikit

ü Peluang produk kedepannya : berusaha menjadi lele yang lebih berkualitas

 

4.   THREAT (ancaman ) diantaranya:

ü Ancaman pesaing : tidak ada

ü Ancaman dari maysarakat : tidak ada

ü Ancaman perubahan /kondisi : sedang

 

TUGAS 3

Latihan essay :

1.   Apa yang dimaksud dengan analisis kelayakan usaha?

Yaitu membahas tentang berbagai konsep dasar yang berkaitan dengan keputusan dan proses pemilihan proyek bisnis agar mampu memberikan manfaat ekonomis dan sosial sepanjang waktu

2.   Jelaskan tujuan di buatnya analisis usaha!?

Untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak/tidak untuk dilaksanakan, serta untuk mengetahui laba dan rugi usaha tersebut kedepannya.

3.   Sebutkan 2 metode analisis kelayakan usaha!

Analisis SWOT dan Analisis 5W+1H

4.   Sebutkan cara berpikir apa agar peluang usaha muncul pada diri kita!

a.   Positif arahkan pada hal hal yang mempermudah dan bermanfaat

b.   Kreatif arahkan pada hal hal yang akan membuat orang tertarik pada produk kita

c.    Inovatif arahkan pada penciptaan produk baru yang berguna dimasyarakat

d.   Inisiatif langsung bergerak jangan ditunda lagi

e.   Fleksibel sesuaikan dengan perubahan yang terjadi

f.    Responsibel dapat selalu mengikuti perkembangan yang terjadi 

5.   Sebutkalah 5 pemanfaatan peluang usaha secara kreatif dan inovatif  dari barang bekas

 

Tugas 4 :

1.   Buatlah analisis SWOT dengan membandingkan 2 jenis produk /usaha  dan buat hasil analisisnya secara jelas

Produk 1 :

1.   STRENGTH ( kelebihan ) diantaranya :

ü Kelebihan produk    : Lele berkulitas dan erkuantitas tinggi

 

ü Kelebihan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ) : memiliki pengetahuan usaha ternak lele

 

ü  Kelebihan tempat/kios yang digunakanBersih dan Higenis

 

 

2.   WEAKNES (kekurangan ) diantaranya :

ü Kekurangan produk : banyak lele yang mati ( terkadang )

 

ü Kekurangan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ) : Tidak tau apa yang harus di lakukan saat kerugian lele mati

 

 

ü Kekurangan tempat/kios yang digunakan : tempat tidak startegis

 

 

 

 

3.   OPPORTUNITY (peluang /kesempatan ) diantaranya :

ü Peluang produk di masyarakat : tinggi peminat

 

ü Peluang produyk dengan pesaingnya : sedikit

ü Peluang produk kedepannya : berusaha menjadi lele yang lebih berkualitas

 

4.   THREAT (ancaman ) diantaranya:

ü Ancaman pesaing : tidak ada

ü Ancaman dari maysarakat : tidak ada

ü Ancaman perubahan /kondisi : sedang

Produk 2 :

- STRENGTH ( kelebihan ) diantaranya :

ü Kelebihan produk    : Bakso berkualias tinggi

ü Kelebihan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ) : memiliki cabang

ü Kelebihan tempat/kios yang digunakan : sangat strategis

-OPPORTUNITY (peluang /kesempatan ) diantaranya :

ü Peluang produk di masyarakat : tinggi peminat

 

ü Peluang produyk dengan pesaingnya : sedikit

ü Peluang produk kedepannya : berusaha menjadi baso yang lebih enak

 

 

2.   Carilah sebuah artikel tentang study kelayakan usaha dengan cara browsing di kelompok internet.

 

Tugas 5 :

Buatlah sebuah kelompok terdiri atas 5 orang ,lalu kelompok tersebut menyusun sebuah gambaran dari suatu lingkungan dimana mereka tinggal setelah itu buat pola kebutuhan dari lingkungan tersebut disertai dengan jumlah permintaannya,kemudian buat study kelayakan usaha produk apa yang bisa memenuhi kebutuhan lingkungan tersebut,sistematikanya seperti :

a.   Jumlah penduduk..........................................................................................................................................................................................................................

b.  Jumlah pelajar,mahasiswa,pekerja swasta dan negri..........................................................................................................................................................................................................................

c.   Jumlah anak anak ,orang dewasa,perempuan  dan laki laki...............................................................................................................................................................................................................

d.  Jumlah warung ,warung nasi ,dan warung lainya disebutkan ..........................................................................................................................................................................................................................

e.   Sosial dan budaya masyarakat..........................................................................................................................................................................................................................

f.    Kebiasaan yang timbul  dan menjadi ciri khas daerah tersebut..........................................................................................................................................................................................................................

g.  Kegiatan /acara yang sering diadakan di lingkungan darah tersebut..........................................................................................................................................................................................................................

h.  Produk yang sering digunakan oleh masyarakat..........................................................................................................................................................................................................................

i.    Produk yang dibutuhkan namun agak jauh  untuk mendapatkannya..........................................................................................................................................................................................................................

j.    Produk yang diutamakan..........................................................................................................................................................................................................................

k.   Hal lain yang mendukung data untuk menyusun study kelayakan usaha secara sederhana..........................................................................................................................................................................................................................

 

Peluang usaha bisnis perangkat keras berbasis komputer

Peluang dan perencanaan adalah dua hal penting yang saling berkaitan,ketika suatu peluang muncul maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan perencanaan,karena perencanaan adalah hal yang paling mendasar dalam membangun sebuah bisnis.setiap peluang tentu saja memiliki resikonya sendiri ,kedua hal tersebut bagaikan 2 sisi dalam mata uang.tentu saja hal yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir resiko untuk dapat memaksimalkan peluang.

1.  Ciri ciri peluang usaha yang baik meliputi :

a.   Peluang itu oriinil dan tidak meniru,berasal dari pemikiran dan perhitungan kita sendiri,bukan hasil nekat akibat meniru peluang usaha dari orang.

b.  Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan ,persaingan dan kebutuhan pasar dimasa yang akan datang

c.   Benar benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama

d.  Tingkat visibilitas   (kelayakan usaha ) benar benar teruji dapat menawarkan laba,sesuai kebutuhan pasar,teruji ketahannnya.

e.   Ada keyakinan untuk mewujudkannya

f.    Ada rasa senang dalam menjalankannya

2.  Resiko usaha ,

merupakan informasi,kejadian,kerugian atau pekerjaan yang terjadi sebagai akibat dari keputusan yang diambil dalam kehidupan sehari hari. Resiko harus memiliki 2 karakteristik :

a.   Resiko adalah ketidak pastian atas terjadinya suatu pristiwa

b.   Resiko adalah ketidak pastian yang bila terjadi akan menimbulkan sesuatu

Resiko dibagi menjadi 6 jenis :

a.   Resiko teknis /kerugian,terjadi karena kurang mempunyai manajer /wirausaha dalam mengambil keputusan resiko yang dapat sering terjadi berhubungan dengan :

v Biaya produksi yang tinggi

v Resiko karena adanya pemogokan karyawan,akibat kesejahteraan kurang diperhatikan

v Pemakaian sumber daya yang tidak seimbang (tk banyak)

v Terjadi kebakaran akibat keteledoran

v Terjadi pencurian karena kurang pengawasan

v Terus menerus terjadi kerugian karena biaya yang terus membengkak serta harga jual tidak berubah

v Penempatan TK yang kurang tepat sehingga produktivitas menurun

v Perencanaan dan desain yang salah sehingga sulit untuk dioperasioanlkan

v Resiko tidak dapat dipercaya oleh perbankan akibat  terjadi kredit  macet  didalam perusahaan.

 

Resiko macam demikian dapat diatasi dengan melakukan hal hal :

1.   Manajer /wirausaha menambah pengetahuan tentang:

a.   Keterampilan teknis terutama yang berkaitan dengan proses produksi yang dihasilkan

b.   Kemampuan mengorganisasi ,kemampuan yang meramu yang tepat dari faktor produksi  usaha mencangkup sumber daya modal

c.    Kemampuan memimpin.kemampuan untuk mencapai tujuan usaha dan dapat dikerjakan dengan baik dan serasi oleh semua orang yang ada pada organiisasi,untuk itu setiap pemimpin harus membuat konsep kerja.

2.   Membuat strategi yang terarah untuk masa depan

Strategi yang dimaksud adalah strategi produksi,strategi keuangan,strategi SDM,stategi operasional,stategi pemasaran,dan strategi penelitian dan pengembangan.tujuan dari strategi2 ini adalah:

a.   Untuk tetap memperoleh laba

b.   Hari depan yang lebih baik dri sekarang

c.    Agar tetap bertahan

3.   Mengalihkan kerugian pada perusahaan  asuransi

Contoh asuransi kebakaran dan asuransi tenaga kerja

b.  Resiko pasar

Resiko ini terjadi akibat produk yang dihasilkan kurang laku atau tidak laku dipasar,produk sudah kuno sehingga penerimaan yang diperoleh menurun dan terjadi kerugian,hal ini akan menjadi bencana usaha yang berakibat usahanya gulung tikar.resiko pasar lainnya adalah persaingan,kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan selalu diamati oleh perusahaan lain oleh karena itu para pebisnis tidak bolleh lengah terhadap kegiatan yang sedang berkembang agar tidak berakibat yang patal karena tindakan pesaing.

Hal ini merupakan resiko bagi para pebisnis yang mengakibatkan barang tidak laku di jual adalah :

1.   Adanya perkembangan teknologi

2.   Adanya peraturan yang baru dari yang berwajib

3.   Adanya hubungan inter sehingga pencurian,kecelakaan,kebakaran

Berikut ini adalah upaya yang dapat ditempuh untuk mengantisifasi resiko ini adalah sbb:

ü Mengadakan inovasi,misal membuat desain baru dari produk yang disenangi konsumen

ü Mengadakan penelitian pasar dan memeperoleh informasi pasar secara berkesinambungan.

c.   Resiko kredit

Adalah resiko yang ditanggung oleh kreditur akibat debitur tidak membayar pinjaman sesuai waktu yang telah disepakati.akibatnya timbulah kredit macet,bagaimana cara seorang wirausaha dalam mengantisipasi resiko tersebut ? upaya mengantisifasi resiko kredit dapat ditempuh melalui :

ü Jangan memberikan kredit kesembarang orang,tetapi berikan pada orang yang tepat atau memenuhi syarat sbb:

·        Dapat dipercaya

·        Kemampuan untuk membayar

·        Kemampuan modal sendiri yang ditempatkan dalam usaha.

·        Kondisi usaha selama ini

ü Jangan mmemberikan pinjaman terlalu besar dan mengevaluasi kredibilitas debitor

ü Memperhatikan pengelolaan dana debitor jika yang bersangkutan memiliki perusahaan,yang perlu diperhatikan adalah lembaran neraca,R/L tahunan dan aliran dana setiap tahun.

d.   Resiko diluar kemampuan manusia

Meliputi: :.................................................................................................................................................................................................................

 

e.   Resiko riil

Merupakan resiko yang dapat terhitung,dapat terlihatbisa diantisifasi dan bisa dihindari.

Meliputi :.................................................................................................................................................................................................................

f.    Resiko fsikologis

Merupakan resiko yang tidak dapat terhitung,tidak dapat terlihat bisa diantisifasi tapi belum tentu bisa dihindari.

Meliputi:

:.................................................................................................................................................................................................................

 

Analisa peluang usaha dibidang perangkat keras komputer

Dalam pertemuan kali ini kita akan melihat contoh 3 peluang usaha yaitu :

1.   Peluang usaha  bisnis drone untuk kegiatan pertanian

Tujuan di dari pembuatan drone adalah untuk membantu para petani yang memang rata-rata sudah berusia lanjut.

2.   Peluang usaha pembuatan wajan bolik

Apa itu Wajan Bolic?

Wajan Bolic adalah sebuah antena yang terbuat dari bahan dasar Wajan. Wajan Bolic adalah versi keduanya dari Antena Grid, bedanya Wajan Bolic dengan Antena Grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya. Antena grid/ satelit seperti yang kita tahu, harganya sangatlah mahal, mungkin bisa 2 atau 3 juta-an. Sementara Wajan Bolic hanya membutuhkan biaya kurang dari 200.000. Dengan fungsinya yang hampir sama dengan antena grid, Wajan Bolic lebih efisien. Wajan Bolic merupakan antena reciever gelombang radio dengan frekuensi 2.4Ghz. Dan hebatnya lagi, Wajan Bolic adalah karya anak Indonesia, mantap kan?

 

 

 

 

Antena yang terbuat dari bahan dasar wajan aluminium yang berfungsi sebagai penangkap signal wifi.wajan bolic adalah versi kedua dari antena gird,bedanya wajan bolic dengan antena grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya.

a.   Fungsi wajan bolik

Wajan bolic  memiliki fungsi :

ü  Menembak sinyal wifi yang letaknya jauh

ü  Memperkuat sinyal wifi

ü  Manambah sinyal modem

b.   Alat dan bahan dalam membuat wajan bolic

Cara Pembuatannya?

Nah inilah tahap yang di tunggu2..

BAHAN :

1. Wajan diameter 30 cm ? (semakin besar diameternya semakin bagus)

2. PVC paralon tipis ukuran 3” 30cm

3. Doff 3 “ 2 buah

4. lakban Aluminium foil

5. Baut + mur ukuran 12 dan 14

6. modem USB WLAN

6. Modem USB Wireless

7. Kabel USB Extension 1 meter (panjang sesuai kebutuhan, bisa di beli di toko komputer)

 

PERALATAN :

1. Penggaris

2. Pisau/ Cutter

3. Gergaji besi

4. Bor (untuk melubangi wajan dan doff)

5. Kikir (Untuk memperbesar lubang wajan setelah di-Bor untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan Baut ukuran 12 dan 14)

6, Cemilan sama teh + Lagu Peterpan

 

 

 

PERKIRAAN HARGA : 

Perkiraan harga yang dikeluarkan untuk membeli bahan WajanBolic adalah kurang dari Rp 300.000,-. Bandingkan jikan Anda harus membeli antenna Grid 24 db, yang bikinan local saja mencapai Rp 500.000 ,- lebih dan yang import bisa mencapai Rp 1.000.000 ,- lebih. Atau membeli antenna grid local yang harga nya Rp 200.000 ,- sedangkan yang import bisa mencapai Rp 300.000 lebih.

 

LANGKAH-LANGKAH  PEMBUATAN :

1.   Siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

2.   Lubangi wajan tepat di tengah wajan tersebut seukuran baut ujuran 14, jika kurang besar gunakan kikir , cukup satu lubang saja.

Kemudian, ukur diameter wajan dan kedalaman wajan.  Kenapa harus pake ngukur2 segala? Ini kita gunakan untuk menghitung Feedernya (permukaan pipa yang tidak di lapisi Alumunium Foil). Rumus mencari Feeder:

 

F= D^2/(16*d)

*Ket:

- F: Feeder

- D: Diameter Wajan

- d: Kedalaman Wajan

- ‘^’pangkat, ‘/’ pembagian, ‘*’ perkalian

 

 

Contoh : Wajan dengan D = 70 cm, d = 20 cm maka jarak titik focus dari center dish : F = D^2 /(16 *d) = 70 ^2 / (16 *20) = 15.3 cm (Bagian yang tidak diberi Alumunium Foil.

 

1. Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder-nya ( daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder-nya gunakan rumus di atas.


2. Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan USB Wireless, sekitar 5cm dari ujung PVC.

 

 

3. Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan dgnaluminium foil pada daerah selain feeder, kalo aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkannya bisa menggunakan double tape.

 

4. Bor Doff yang satu untuk lubang baut yang akan di pasang di Wajan

 

 

5. Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung PVC harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil

 

6. Masukkan USB Wireless pada lubang yang sudah di tandai tadi

 

8. Dan pasangkan doff tadi ke PVC paralon

 

9. Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff yang satu nya lagi, sebelumnya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran baut yang sudah di siapkan, dan kencangkan secukupnya.

 

10. Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.

 

 

Baiklah

11. Selesai. Wajan bolic tinggal di atur/ diarahkan tempat berada WI-FI nya.

 

12. Kalau gagal, seperti USB Wireless tidak terbaca, atau terbaca tapi tidak mendapatkan sinyal hotspot yang di tembak, kemungkinan besar ada kesalahan kecil saat perakitan. ^^ Silahkan komen kalau ada yang tidak di mengerti atau bermasalah ^^v 

 

c.    Cara kerja wajan bolic

Yaitu menempatkan bagian sensitif antene pada titik pokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang elektromagnetik yang mengenai wajan akan berkumpul dan diterima Oleh bagian tersebut.jangkauan kerja antene ini dapat mencapai hingga 1-2 km bahkan sampai 5 km tergantung besar diameter wajan dan kualitas wajan itu sendiri.antene wajan bolic terdiri atas 3 komponen utama yaitu :

·         Reflektor yang  terbuat dari wajan,dapat digunakan wajan yang berdiameter minimal 40 cm,semakin besar ukuran wajan akan semakin baik karena semakin banyak prekuwensi  radio yang dapat di tangkap.

·         Bagian sensitif antena berbentuk tabung berisi USB WLAN.Sebagai tabung dapat digunakan pipa paralon 3” sepanjang 23 cm  dan bungkus 16 cm dari panjangnya dengan aluminium foil.

·         Kabel penghubung antene ke komputer, menggunakan kabel USB yang biasanya disediakan dalam paket USB WLAN,di potong dibagian tengah dan disambung dengan menggunakan kabel UTP /kabel LAN.

d.   Peluang usaha produk wajan bolic

Wajan bolic memiliki peluang usaha yang sangat bagus  karena dunia sekarang ini  sedang di landa demam internet .sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi manusia.dengan adanya produk wajan bolic ,pengguna internet tidak perlu kwatir tentang kelancaran sinyal internet ,sinyal internet akan tetap kencang wajan dlam kondisi hujan sekalipun,karena wajan bolic juga memiliki fitur frame,sehingga terlindung dari cuaca apapun.

Cara Membuat Wajan Bolic (Lengkap dan Terperinci!)

Sebelum membuat Wajan Bolic, kita harus tau dulu apa itu Wajan Bolic dan apa fungsinya.

 

3.   Pembuatan usaha cassing komputer

Cassing ini berfungsi sebagai pelindung dan pakaian CPU atau komponen lainnya.

a.   Fungsi casing komputer ,meliputi :

ü  Melindungi berbagai komponen didalamnya dari debu,panas matahri dan kotoran laiinya saat bekerja.

ü  Hampir semua peripheral menggunakan cassing sebagai tempat dudukannya.

ü  Exhaus fan yang berfungsi sebagai pendingin ruangpun,menggunakan casssing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu di CPU

ü  Casing PC yang juga amat penting ialah sebagai tempat dudukan tombol tombol atau lapu lampu .contohnya tombol power pada lampu

ü  Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai kediaman ( rumah Mainboard) power suply yang memberikan tugas buat semua komputer.

b.   Casing Komputer Kayu yang unik

Cara pembuatannya juga terbilang mudah asal anda bisa menyediakan bahan-bahan utama adalah kayu dan paku.

Berikut alat dan bahannya:

– Pisau

– (1) 2x4ft lembar, kayu lapis birch 3/16in

– (1) 2x2ft lembar, kayu lapis birch 3/16in

– Ampela ukuran 150 dan 400 amplas grit

– Enamel Paint

– Warna alami Velvit minyak

– Lem super atau lem kayu

– Sekrup kayu kecil

Berikut penampakannya hanya dari melihat gambarnya paling tidak anda sudah bisa melihat dan merancang seperti apa casing komputer yang anda inginkan.

 

 

                            

c.     Analisis SWOT dalam usaha perangkat keras komputer

Tidak dipungkiri suatu hasil analisis sangat dapat berguna untuk internal perusahaan itu sendiri (sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja) dan pihak eksternal (sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi). Sebelum lebih jauh mengenai contoh analisis SWOT, tidak salahnya kita mengulang kembali pengertian analisis SWOT atau apa itu analisis SWOT.

Pengertian Analisis SWOT :

Pada kesempatan kali ini yuk kita bahas Pengertian Analisis SWOT, pertama-tama kita perlu mengetahui singkatan dari SWOT itu sendiri, yaitu:

S = Strengths (Kekuatan)

W = Weaknesses (Kelemahan)

O = Opportunities (Kesempatan)

T = Threats (Ancaman)

 

Manfaat Analisis SWOT:

            Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

            Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi pemahaman tentang analisis SWOT, maka saya akan memberikan bagaimana contoh analisis SWOT suatu perusahaan.

 

 

Tanpa panjang lebar, yuk kita ke bahasan contoh analisis swot perusahaan (saya ambil contoh perusahaan NOKIA), Contoh analisis SWOT NOKIA:

v  Faktor internal :

1.    Strengths (Kekuatan)

·   Pengalaman

Bagaimana tidak, NOKIA masuk dunia mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan ponsel GSM dengan produk Nokia 1011.

·   Jaringan Terbesar Penjualan & Distribusi

Nokia merupakan brand yang telah melekat di hati para kosumen dan merupakan perintis ponsel yang saat ini sangat di butuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja kekuatannya terletak pada terbesar penjualan dan distribusinya.

·   Hubungan Pelanggan yang Kuat

Bicara brand NOKIA maka hampir seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia pasti susah untuk pindah ke lain hati.Berbagai Macam Produk untuk Semua Kelas Tidak hanya sebatas hubungan pelanggan yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya dengan berbagai macam produk yang sesuai kelas.

2.    Weaknesses (Kelemahan)

·   Kurang Gaya Dalam Produk Murah

Memang sudah wajar, harga menentukan sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana produk China dapat membuat replika dengan gaya eksklusif tetapi tetap dengan harga yang sangat murah.

·   Kehilangan Pangsa Pasar

Untuk saat ini Nokia memang telah kehilangan pasarnya setelah symbian tidak lagi update, lalu di akuisisi oleh Microsoft dengan OS Windows Phone.

 

v  Faktor eksternal :

3.    Opportunities (Kesempatan)

·   Pertumbuhan Pasar Baru

Dengan pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu handphone berbasis smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.

4.    Threats (Ancaman)

·   Ponsel China

Ponsel China merupakan suatu ancaman yang sangat serius bagi Nokia, karena dengan fitur yang cukup hampir sama, mereka berani menjual dengan harga murah dan ini pun menjadi sebuah perang harga.

·   Pesaing Seperti Samsung & Apple

Dari tahun 2000 an – 2010 Nokia memang tiada tandingannya dalam hal ponsel, karena memang memberikan setiap kebutuhan para konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011 para pesaing Nokia (khususnya Samsung dan Apple) mulai melejit, berikut statistik penjualannya:

Contoh produk perangkat lunak dan peluangnya

1.    Perangkat lunak teknologi dan kecerdasan buatan

                 Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer.

                 Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua  bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.

                 Pengertian lain dari kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.

 

Lingkup utama kecerdasan buatan:

ü  Sistem pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar

ü  Pengolahan bahasa alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

ü  Pengenalan ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.

ü  Robotika dan Sistem sensor

ü  Computer vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui computer

ü  Intelligent Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar

 

Keuntungan Kecerdasan Buatan :

1.   Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.

2.   Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain

3.   Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.

4.   Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.

5.   Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.

6.   Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami

7.   Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.

 

Keuntungan kecerdasan alami:

1.   Kreatif. Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun

2.   Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik

3.   Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.

MULTIMEDIA CONTENT PRODUCTION

PENGERTIAN MULTIMEDIA

Kata multimedia merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa lati, yaitu Multi dan Medium, Multi yang artinya banyak atau bermacam-macam, sedangkan Medium sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Sedangkan arti Medium menurut American Heritage Electronic Dictionary, 1991) yaitu alat dan cara untuk mendistribusikan dan mempresentasikan.

Definisi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasidan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.

·         Kategori Multimedia

Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.

  1. Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • Media teks atau tulisan
    • Media audio atau suara
    • Media video
    • Media animasi
    • Media gambar
    • Media Interaktif
    • Media spesial effect
  2.  Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • TV
    • Radio
    • Film
    • Media Cetak
    • Musik
    • Game
    • Entertainment
    • Tutorial
    • Internet
  • Jenis jenis  Konten Multimedia

Menurut (Green & Brown, 2002: 2-6) Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:

a.      Teks

Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.

b.      Grafik

Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.

Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.

c.       Audio

Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.

d.      Interaktivitas

Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan  satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.

Green & Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:

  1. Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
  2. Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
  3. Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players,  tape recorder, radio.
  4. Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
  5. Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.
  • Jenis-jenis Multimedia

1.      Multimedia Interaktif

Pengguna atau user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll.

2.      Multimedia Hiperaktif

Multimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll

3.      Multimedia Linear / Squential

Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie atau film, e-book, musik dan siaran TV.

4.      Multimedia presentasi pembelajaran .

Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point.

5.      Multimedia pembelajaran mandiri.

Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6.      Multimedia kits

Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.

yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik,  kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).

7.      Hypermedia

Dokumen berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer. Contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.

8.      MEDIA INTERAKTIF

Sistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif. Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.

9.      VIRTUAL REALITAS

Virtual realitas adalah media yang dapat disulasiakan tempat di dunia nyata Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagai jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam, sangat visual, 3D lingkungan.

Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti : 

v  Multimedia dalam bisnis

  1. Company Profile adalah sarana untuk memperkenalkan perusahaan dengan berbagai media yang ada
  2. Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.
  3. Presentasi Bisnis adalah penyampaian data, fakta dan informasi mengenai suatu produk oleh presentator kepad pihak terkait yang hadir dalam suatu forum bisnis
  4. Simulasi atau demonstrasi produk adalah  sebuah metode pelatihan dimana di dalamnya akan dibuat sebuah peristiwa atau situasi yang menyerupai dengan keadaan yang sebenarnya. Dengan menggunakan metode simulasi, pegawai akan diajak untuk merasakan bagaimana situasi ketika mereka bekerja secara nyata, sehingga pada saat mereka bekerja dalam pekerjaan yang sebenarnya mereka akan lebih bisa memahami tentang kondisi atau keadaan yang mereka hadapi. 
  5. dll

v  Multimedia dalam pendidikan

  1. Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
  2. Simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll

v  Multimedia dalam bidang kesehatan

  1. Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
  2. Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
  3. Media penyuluhan kesehatan

v  Multimedia dalam bidang keagamaan

  1. Ceramah agama di televisi dan radio
  2. Quran digital dengan gambar dan suara
  3. Doa dengan gambar dan suara

  1. Simulasi sholat dan

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

K3 Pekerja Tower Telekomunikasi

Dasar-dasar Jaringan Komputer