Modul 2
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan
Kelas XI TJKT
KOMPETENSI DASAR :
3.2. Menganalisis
peluang usaha produk barang/jasa
4.2. Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
Indikator pencapaian :
3.2.1 Memahami analisis SWOT
3.2.2 Menerapkan metode analisis peluang usaha secara sederhana
3.2.3 Menganalis peluang usaha dari suatu produk
barang/jasa
4.2.1 Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
4.2.2 mempresentasikan hasil analisis peluang
usaha
Target
peencapaian :
1. Siswa mampu menyusun analisis study kelayakan
usaha pada pada perangkat lunak/atau perangkat keras
2. Siswa mampu menyusun analisis peluang usaha
secara sederhana dengan menggunakan analisis SWOT
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan jurusan teknik komputer
jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
|
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk
Kreatif dan Kewirausahaan jurusan teknik komputer jaringan Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir,menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
Pengertian analis peluang usaha
Adalah suatu analisis
yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan
,dilaksanakan,dan untuk memberikan keuntungan dikemudian hari.
Cara mengidentifikasi
peluang usaha yang ada bisa dicari,asalkan wirausaha mau bekerja keras,ulet,dan
percaya kepada kemmpuan diri sendiri .untuk menggali dan memenfaatkan peluang
usaha seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif yaitu dengan cara :
a.
Percaya
bahwa usaha dapat dilaksanakan
b.
Menerima
gagasan baru
c.
Bertanya
pada diri sendiri
d.
Mendengarkan
saran dari orang lain
e.
Memiliki
etos kerja tinggi
f.
Pandai
berkomunikasi
Menurut paul charlap
ada 4 rumusan mencapai sukses yang mencangkup
a.
Work
hard / bekerja keras
b.
Work
smart / bekerja cerdas
c.
Enthusiasm
/ kegairahan
d.
Service
/ pelayanan
Seorang wirausaha
harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengarahkan
dirinya guna memperoleh peluang,menyusun konsep usaha,merencanakan produk
pasar,mengembangkan diri serta dibekali dengan teknik teknik usaha tertentu.
Banyak bisnis usaha yang bisa
dikelola,mana yang akan dipilih
bergantung pada beberapa hal,antara lain :
a.
Minat
seseorang
b.
Modal
yang dimiliki
c.
Relasi
yang dimiliki
d.
Dan
berbagai peluang lainnya
Setiap usaha yang
dijalani pasti berorentasi mencari laba,anamun saat anda berusaha,tidak akan terlepas
dari resiko yang akan dihadapi.hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena hanya
akan memperlambat dan menghambat usaha. Untuk mengantisifasinya persiapkan
perhitungan secara matang .langkah usaha yang akan ditempuh sehingga akan
mengurangi resiko yang dihadapi,ketersediaan informasi bagi seorang wirausaha
mutlak diperlukan.
Setelah seorang
wirausaha mewujudkan ide dan peluang usaha tersebut,sebaiknya mulailah dari
usaha yang bersekala kcil terdahulu.disamping itu memperkecil resiko,langkah
tersebut juga membantu mendayagunakan modal dan memantapkan strategi usaha.
Dalam dunia bisnis selalu ada
ungkapan “ dengan pengorbanan yang
sekecil kecilnya u ntuk mendapatkan hasil yang sebesar besarnya “. Faktanya
untuk menjalankan ungkapan tersebut memang sulit dan tidak semudah membalikan
telapak tangan .
Tujuan dan manfaat analisis peluang usaha
Tujuan dari disusunnya analasis peluang usaha untuk
mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak / tidak untuk dilaksanakan ,serta
untuk mengethui laba dan rugi usaha tersebut kedepannya.
Analisis lain adalah
dengan melakukan observasi langsung ke konsumen untuk mengetahui keinginan dan
kebutuhan yang ada di masyarakat.dari observasi tersebut kita dapat mengetahui
besar kecilnya minat konsumen terhadap usaha yang sedang
dilaksanakan.kesimpulannya produk yang dibuat harus mampu menarik minat
sehingga kegagalan usaha dapat dihindari,selain itu produk juga bisa dibuat lebih terjangkau bagi konsumen dengan
cara :
a.
Memilih
dan membuat produk yang bermanfaat,berkualitas dan laku terjual denga harga
bersaing
b.
Membuat
desain baru dengan harga terjangkau
c.
Membuat
produk lebih cepat dan murah
d.
Memilih
dan menetukan wilayah pemasaran yang lebih menguntungkan
Metode pendekatan analisis peluang usaha
Peluang usaha baru
dapat muncul dari sekitar kita ,biasanya dari siituasi yang tidak diduga .untuk
mengembangkan ide dan gagasan tentang peluang usaha kita harus berpikir secara
:
a.
Positif arahkan pada hal hal yang mempermudah dan
bermanfaat
b.
Kreatif
arahkan pada hal hal yang akan membuat orang tertarik pada produk kita
c.
Iinovatif
arahkan pada penciptaan produk baru yang berguna dimasyarakat
d.
Inisiatif
langsung bergerak jangan di tunda lagi
e.
Fleksibel
sesuaikan dengan perubahan yang terjadi
f.
Responsible
dapat selalu mengikuti perkembangan yang terjadi
Analisis
peluang usaha merupakan salah satu cxara /strategi dalam memulai sebuah usaha
agar dalam menjalankan usahanya seorang wirausahawan sudah memiliki gambaran
seperti apa usahanya dan bagaimana cara mengelola dan menjalankan usahanya.adapun
dalam pemilihan produk berupa barang yang dapat menciptakan peluang usaha
adalah dengan mempertimbangkan produk produk yang :
a.
Mudah
dalam pemakaian
b.
Efisien
dalam penggunaanya
c.
Kualitas
produk terjamin
d.
Hemat
dalam pemakaian
e.
Adanya
jaminan keamanan dalam pemakaian
Pemetaan
analisis produk dapat diperjelas dan dikelompokan sbb:
a.
Produk
yang dapat memeprmudah pekerjaan rumah
b.
Produk
yang dapat mempermudah pekerjaan diluar rumah
c.
Produk
lainnya yang dibutuhkan tanpa mengenal tempat
Metode yang digunakan dalam
analisis peluang usaha adalah ;
1. Analisis SWOT
Adalah metode perencanaan strategi yang digunakan untuk
menaganalisis :
a. Kekuatan
b. Kelemahan
c. Peluang
d. Ancaman
Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis
dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi ke empat faktornya kemudian
menerapkan dengan gambar matrik SWOT dimana aplikasinya adalah :
a. bagaimana
kekuatan (strenght) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang
(opportunity) yang ada ,
b. bagaimana
cara mengatasi kelemahan (threath) yang ada,
c. bagaimana
cara menatasi kelemahan (weakness)yang mampu membuat ancaman (threath) menjadi
nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
2. analisis 5W+ 1H
Setelah
melaksanakan analsis SWOT seorang wirausahawan juga bisa menggunakan analisis
lainnya seperti analisis 5W+ 1H yang terdiri dari :
What = jenis usaha apa yang kita ambil
Why =
kenapa memilih usaha tersebut
When = kapan akan memulai usaha tersebut
Where = Dimana kita akan memulai usaha
Who =
siapa yang akan terlibat dalam usahanya
How =
bagaimana cara membuatnya/proses produksi
Dengan menggunakan
analisis tersebut wirausaha akan lebih mengetahui tentang usaha yang akan
dipilihnya sehingga dapat memberikan gambaran
mengenai pelaksanaan usaha tersbeut.adapun langkah langkah penyusunan analisis kelayakan secara lebih
jelas agar memperhatikan seperti :
a. amati kebutuhan yang paling banyak dibutuhkan oleh
masyarakat
b. kapan saja mereka membutuhkannya
c. lihat karekteristik konsumen sperti kebutuhannya apa
saja jadi produk dapat disesuaikan
dengan segmen konsumennya.
d. Bagaimana daya beli konsumen
e. Lihat ada pesaing atau tidak ,cari peluang usaha yang
belum digarap oleh pesaing.
Setiap analisis peluang usaha
akan menyesuaikan produk dan lingkungan sekitanya karena setiap produk dan lingkungan
( wilayah pemasaran) akan memiliki karekteristik dan wilayah yang berbeda
,sehingga seorang wirausaha juga harus mengetahui :
a. Situasi dan kondisi kebiasaaan masyarkat
b. Sosial dan budaya,pola hidup masyarakat
c. Tingkat pendapatan dan pengeluaran serta pola ekonominya
d. Keberagamana masyarakat
juga yang mendiami wilayah dari mana saja
e. Pola kebutuhan masyarakat
Ketika perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin
cepat dengan teknologi yang semakin banyak memberi perubahan maka berkembanglah
suatu pola baru yang harus diikuiti oleh seorang wirausahawan .maka munculah
aplikasi dalam smartpohe memberikan peluang tambahan yang harus dianalisis
secara cermat agar memberikan laba. Contoh:
orang banyak yang tidak akan mengira GOJEK semakin berkembang,dan hampir
merubah pola hidup masyarakat hanya dari
suatu aplikasi ,namun disisi lain memberikan manfaat yang berefek domino adalah
reaksi berantai yang terjadi ketika perubahan kecil menyebabkan perubahan
serupa didekatnya yang kemudian menyebakan perubahan lain yang serupa.
3. Study
kelayakan usaha
Atau disebut juga analisis proyek bisnis yang pada
dasarnya membahaas tentang berbagai konsep dasar yang berkaitan dengan
keputusan dan proses pemilihan proyek
bisnis agar mampu memberikan manfaat ekonomis dan sosial sepanjang waktu.hasil study kelayakan usaha pada prinsipnya
bisa digunakan untuk :
a. Merintis usaha/produk baru
b. Mengembangkan usaha yang sudah ada
c. Memilih jenis usaha /proyek yang paling mneguntungkan
Study kelayakan usaha dapat
dilakukan dengan cara :
a. Tahap penemuan ide/gagasan ialah mencari kemungkinan kemungkinan bisnis
usaha yang bisa di identifikasi dan dirumuskan
misal membuat produk dari bahan lunak/keras.pembenihan ikan ,pembuatan
kuliner,kosmetik sesuai keahlian
b. Tahap formulasi tujuan adalah merumuskan visi misi diwujudkan dalam tindakan
c. Tahap analisis ialah proses sistematis yang harus
dilakukan dengan memperhatikan aspek aspek
meliputi aspek pasar,aspek teknik produksi,aspek manajemen,aspek
finansial
d. Tahap keputusan ialah setelah dievaluasi
,dipelajari,memperhatikan hasil maka wirausaha harus bisa memutuskan apakah
usaha tersebut dapat dilaksanakan/tidak.
Gagasan |
Analisis: 1. Pasar 2. Produksi 3. Manajemen 4. Keunagan 5. Ekonomi
|
Keputusan |
Tidak dilaksanakn |
dlaksanakan |
Visi dan misi |
Berikut ini adalah sistematika penyusunan study kelayakan usaha secara sederhana:
1. Pengenalan
produk yang akan pilih/buah
2. Bahan dan
cara pembuatan seperti apa
3. Cara
penyadian/kemasanya bagaimana
4. Gambaran
usaha yang sudah dipilih dengan menyusun seperti :
a.
Gambaran volume produk yang ada
b.
Tempat usaha/lokasi usahanya dimana
c.
Perlengkapan usaha dan karyawan
d.
Cara mempromosikannya seperti apa
e.
Metode penetapan harga yang terjangkau oleh konsumen
f.
Resiko yang akan terjadi
dan pemecahannya.
g.
Trif dan trik pengelolaan usahanya bagaimana
5. Asumsi dan
penganggaran biaya usaha serta perkiraan
keuangannya meliputi :
a.
Masa penyusutan perlengkapan dan peralatan usaha
b.
Belanja bahan baku dan pendukung
c.
Jumlah pegawainya
d.
Jumlah porsi yang tersedia di pasaran biasanya meningkat
seiring permintaannya.
e.
Biaya investasi awal
f.
Biaya operasional perbulan
g.
Penerimaan dan pengeluaran per bulan
h.
Keuntungan per bulan
Menurut Allan Filley dan robert W Priece ( 1991:1-2)
untuk mencapai keberhasilan dalam wirausaha,ada beberapa analisis klasifikasi strategi
yang harus dimiliki di antaranya :
1. Craft,
firms are prepared by people who are technical specialist / Kerajinan, perusahaan
disiapkan oleh orang-orang yang merupakan spesialis teknis
2. Promotion,promotion
are typically dominated by their leader and are disgned to exploid some kind of
innovative advantages/ Promosi, promosi
biasanya didominasi oleh pemimpin mereka dan dirancang untuk memanfaatkan
beberapa keuntungan inovatif
3. Administrative,administrative
firm have formal management necessausry business funtion./
Administrasi, perusahaan
administratif memiliki fungsi bisnis yang diperlukan manajemen formal.
Perkembangan yang semakin cepat
memberikan efek yang dahsyat kepada masyarakat apa lagi dengan perkembangan
teknologi yang semakin canggih dan memberikan kemudahan sehingga merubah dan
menggeser paradigma yang selama ini ada dimasyarakat seperti :
1.
Kebutuhan akan sandang pangan papan bukan merupakan
prioritas utama lagi,namun tergantikan dengan kebutuhan rekreasi ,gaya
hidup,dan interaksi dengan orang lain
2.
Kebutuhan akan berkumpul dengan teman tergeser lewat
media sosial sehingga orang lebih banyak lewat media sosial dari pada kumpul di
suatu tempat.
3.
Kebiasaan yang bnayak berubah diantaranya di berbagai
bidang seperti bidang pendidikan,kesehatan,lainnya.
Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
Kreativitas merupakan
salah satu dari kemampuan manusia yang dapat memberi kepuasan dalam
hidup,sehingga manusia dapat mengaktualisasikan dirinya dalam lingkungannya.
Orang kreatif adalah orang yang cepat menangkap peluang yang muncul
dari suatu kondisi lingkungan sekitarnya .orang kreatif akan memandang banrang
yang oleh kebanyakan orang di anggap tidk berguna menjadi sangat berguna dan
memiliki nilai jual. Ada beberapa
peluang usaha yang bisa dimanfaatkan secara kretif dan mampu menghasilkan nilai tambah yaitu sbb:
1.
Memanfaatkan
barang bekas
2.
Memnafaatkan
barang yang disediakan oleh alam
3.
Memanfaatkan
kejadian yang ada disekitar
4.
Memanfaatkan
segala hal yang dianggap memberikan peluang dan kesempatan yang menguntungkan
dikemudian hari dengan mengetahui cara pengolahan dan pemanfaatannya.
Tujuh langkah proses berpikir kreatif di antaranya
:
1.
Preparation
adalah persiapan
2.
Investigation
adalah investigasi / Upaya
penelitian, penyelidikan, pengusutan, pencarian, pemeriksaan dan pengumpulan
data, informasi, dan temuan lainnya untuk mengetahui/membuktikan kebenaran atau
bahkan kesalahan sebuah fakta yang kemudian menyajikan kesimpulan atas
rangkaian temuan dan susunan kejadian.
3.
Transformation
adalah transformasi / perubahan
rupa (bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya):
4.
Incubation
/ proses penjagaan atau
perawtan sesuatu hal dengan kondisi tertentu agar sesuatu hal tersebut dapat
berkembang dengan baik
5.
Ilumination
adalah penerangan /cara memberikan penjelasan harus jelas dapat dimengerti
6.
Verification
adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan,
pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya:
7.
Implementation
adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah
rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci.
Inovasi
adalah suatu proses pengubahan peluang menjadi gagasan yang dapat dijual dan
diterima oleh masyarakat . inovasi bukan selalu berupa ide yang rumit,tetapi
kadang inovasi berasal dari ide yang sepele dan sejenis saja.menurut kuratko
ada 4 jenis inovasi :
1. Invensi a/ penemuan baru yang telah diakui, diterima, dan
ditetapkan/digunakan masyarakat, suatu penggabungan (kombinasi) baru atau
kegunaan baru dari pengetahuan yang sudah ada.
2.
Ekstensi
a/
3.
Duplikasi
4.
Sintesis
Menurut
coleman dan hamman ,berpikir kreatif adalah berpikir yang menghasilkan metode
baru ,konsep baru ,pengertian baru,perencanaan baru,dan seni baru .untuk
berpikir kreatif diperlukan keberanian dan keyakinan pada diri sendiri,orang
berpikir kreatif karena adanya dorongan untuk berprestasi yang tinggi serta
kesadaran akan pentingnya sesuatu yang
baru.karena kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif yang
dilakukan seseorang.
Contoh
study kelayakan usaha
a.
Pengenalan
produk :
|
1.
Bahan dan cara membuat
2.
Penyajian
|
Soto merupakan
makanan yang mudah ditemukan hampir disemua daerah indonesia .banyak jenis
soto yang kita kenal baik dari nama
daerah asal maupun dari bahan bakunya .dari sekian banyak soto yang ada ,soto
ayam merupakan soto yyang sangat populer dan banyak penggemarnya .hampir disetiap
tempat berkumpulnya para pedagang makanan pasti ditemukan soto.
Secara umum
soto terbuat dari potongan daging ayam yang dilengkapi dengan
kol,soun,toge,dan daun seledri yang dirajang.bumbu yang digunakan
merica,bawang putih,bawang merah,kemiri,jahe,kunyit ,garam.kuah soto dibuat
dengan cara daging daging ayam bersama bumbu direbus dalam sebuah
panci.setelah empuk dagin g ayam diangkat ,air sisa rebusannya tetap didalam
panci.
Soto ayam
biasanya disajukan didalam mangkok,penyajiannya bisa dilengkapi dengan nasi
/lontong ,baik dicampur atau disajikan repisah.agar soto ayam terasa lebih
segar biasanya disajikan dengan perasan jeruk
mipis dan sambal |
|
b.
Gambaran usaha |
1.
Produk |
Banyak
penggemar soto ayam membuat usaha ini sangat menarik dan protektif untuk
dijalankan.bahan bahan sotopun
diperoleh dipasar tradisional terdekat (desember 2006-jjanuari 2007)
bumbu dan bahan lain dibeli dengan harga Rp.18000 –Rp.20000 per ekor.sekali
belanja membutuhkan dana Rp.30.000 untuk 50 porsi.beras yang dibutuhkan
berkisar 7 liter per hari dengan harga Rp.4000/liter.kesegaran ayam dan bahan
bahan yang harus dibeli di perhatikan agar mutu masakan dan kepuasan konsumen
tetap terjaga. |
|
|
2.
Tempat usaha |
Tempat usaha
yang dipilih ini harus ramai agar banyak konsumen yang datang.lokasi pinggir
jalan raya apalgi dekat dengan komunitas tertentu seperti
sekolah,kampus,perkantoran,pusat perbelanjaan,komplek perumahan dan
lingkungan pasar merupakan tempat ideal yang bisa dipilih untuk berjualan
soto.biasanya untuk menyewa tempat rata rata Rp.10.000.000-Rp.15.000.000 per
tahun untuk kios permanen. |
|
|
3.
Perlengkapan usaha dan karyawan |
Peralatan yang
dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini ,diantanya gerobak berukuran sedang sebagai
tempat menyimpan ayam,sayuran dan panci.gerobak juga berpungsi sebagai
identitas usaha sehingga harus ditata agar memberikan ciri khas.misalnya
gerobak diwarnai tertentu sehingga menjadi trademark tempat usaha.gerobak
berukuransedang bisa dibuat dengan biaya sekitar 3.000.000 membeli peralatan
memasak (panci,kompor,penggorengan) memerlukan dana sekitar 3.000.000,membeli
peralatan makan dan minum dana
2.500.000 membeli meja dan kursi 5.000.000 serta gaji karyawan
700.000/ bulan |
|
|
4.
Promosi |
Promosi bisa
dilakukan dengan cara memasang spanduk didepan tempat usaha atau menyebarkan
brosur disekitar tempat usaha .promosi tidak kalah penting sebenarnya justru
berasal dari konsumen yang sudah puas dengan produk kita dan akan melakukan
promosi dari mulut ke mulut.menjaga mutu dan senantiasa mengutamakan kepuasan
konsumen adalah sarana yang sangat ampuh. |
|
|
5.
Penetapan harga |
Harga soto ayam
beserta nasi 6000-7000 dengan harga seperti itu.margin yang diperoleh bisa
mencapai 40% |
|
|
6.
Resiko |
Dalam
berwirausaha soto ayam ini diantara adalah pesaing yang semakin banyak
bermunculan .resiko ini dapat diantisipasi jika sejak awal kita konsisten
menyajikan soto ayam yang berkualitas dari segi rasa,selalu berorentasi pada
konsumen melalui pelayanan yang memuaskan .resiko ini adlah berkurangnya
pelanggan pada hari hari tertentu.resiko ini bisa diatasi dengan cara
mengurangi stok pembelian bahan. |
|
|
7.
Tip dan trik usaha ...... |
·
Memberi nama yang unik ·
Menjalain hubungan dengan suplayer bisa menghemat waktu
dan tenaga ·
Membuat bumbu dengan jumalah banyak ·
Menyesuaikan rasa dengan selesa masyarakat setempat ·
Buka sejak pagi ciptakan tren sarapan dengan soto ayam |
|
c.
Asumsi usaha soto ayam |
Beberapa asumsi
yang digunakan dalam analisis sbb : |
a.
Masa pakai peralatan yang digunakan adalah 3 tahun,peralatan masak 1 tahun,peralatan makan 1 tahun.meja
kursi selama 3 tahun ,serta kelengkapan biaya lain( temapt bumbu,tempat tisu)
1 tahun b.
Belanja bahan sudah termasuk bahan minuman c.
Pemilik memiliki kemampuan memasak dan turun kelapangan
dalam usaha sehingga hanya memerlukan satu pegawai....(atau boleh beberapa
pegawai) d.
Jumlah porsi
yang dijual merupakan analisis pada awal usaha.pada perkembangannya
jumlah porsi yang di jual dapat meningkat. |
e. |
|
Biaya investasi |
ü
Pembuatan
grobak ü
Peralatan
masak ü
Peralatan makan ü
Meja /kursi ü
Perlengkapan lain
|
Rp3.000.000 Rp3.000.000 Rp2.500.000 Rp5.000.000 Rp. 300.000 Di jumlahkan Rp13.800.000
|
|
Biaya
operasioanl per bulan |
Biaya tetap : ü
Penyusutan grobak 1/36 ü
Penyusutan peralatan masak 1/12 ü
Penyusutan peralatan makan 1/12 ü
Penyusutan meja dan kursi 1/36 ü
Kelengkapan lain lain 1/12 ü
Sewa tempat Rp........../tahun: 12 bulan ü Gaji
karyawan 1 orang
|
Rp83.000
Rp250.000
Rp208.500
Rp139.000
Rp25.000 Rp2.083.500
Rp700.000
Dijumlahkan Rp3.489.000 |
|
Biaya variabel |
ü
Belanja ayam dan lainnya ü
Beras 7 literxRp 4000 x 30 hari ü
Listrik ü
Keamanan dan kebersihan
|
Rp4.500.000
Rp840.000
Rp400.000 Rp50.000
Dijumlahkan Rp5.790.000 |
|
Biaya
opreasioanal |
( biaya tetap +
biaya variabel ) |
Rp.9.279.000 |
|
Penerimaan
perbulan :
|
ü
Penjualan
Rp6000x 50 porsi x 30 hari ü
Penjualan
minuman Rp. 2000 X
50 porsi X 30 hari |
Rp9.000.000
Rp3.000.000
Total
penerimaan Rp.12.000.000 |
|
Keuntungan per
bulan |
Keuntungan =
total penerimaan- total biaya operasional 12.000.000 - 9.279.000 |
Rp2.720.000 |
|
Pay back period
( kembali modal awal ) |
Total biaya
investasi : keuntungan x 1 bulan 13.800.000 :
2.720.000 x1 bulan |
Rp152.000.000
dalam 5 bulan |
Tugas 1 :
Buat
lah contoh study kelayakan usaha ( usaha bebas sesuai dengan bakat )
A.
Pengenalan
produk :
|
3.
Bahan dan cara membuat 4.
Penyajian
|
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
B.
Gambaran
usaha |
8.
Produk |
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
|
9.
Tempat usaha |
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
|
10.
Perlengkapan usaha dan karyawan |
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
|
11.
Promosi |
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
|
12.
Penetapan harga |
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
|
13.
Resiko |
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
|
14.
Tip dan trik usaha ...... |
....................................................................................................................................................................................................................................................... |
|
C.
Asumsi usaha ............ |
Beberapa asumsi
yang digunakan dalam analisis sbb : |
D. Masa
pakai peralatan yang digunakan adalah ( peralatan apa dan berapa taun)misal :
gerobak 3 th.peralatan masak 1 th,peralatan makan 1 th.meja kursi selama 3 th
serta kelengkapan lainnya (tempat bumbu,tempat tisu )1 th E.
Belanja bahan sudah termasuk bahan minuman F.
Pemilik memiliki kemampuan memasak dan turun kelapangan
dalam usaha sehingga hanya memerlukan satu pegawai....(atau boleh beberapa
pegawai) G. Jumlah
porsi yang dijual merupakan analisis
pada awal usaha.pada perkembangannya jumlah porsi yang di jual dapat
meningkat. |
H. |
|
Biaya investasi |
ü
Pembuatan
grobak ü
Peralatan
masak ü
Peralatan makan ü
Meja /kursi ü
Perlengkapan lain
|
Rp......... Rp............ Rp.......... Rp................ Rp...........
Di jumlahkan
Rp..................
|
|
Biaya
operasioanl per bulan |
Biaya tetap : ü
Penyusutan grobak 1/36 ü
Penyusutan peralatan masak 1/12 ü
Penyusutan peralatan makan 1/12 ü
Penyusutan meja dan kursi 1/36 ü
Kelengkapan lain lain 1/12 ü
Sewa tempat Rp........../tahun: 12 bulan ü Gaji
karyawan 1 orang
|
Rp...............
Rp.............
Rp................
Rp..............
Rp...............
Rp...............
Rp............
Dijumlahkan
Rp............... |
|
Biaya variabel |
ü
Belanja ayam dan lainnya ü
Beras 7 literxRp.............x 30 hari ü
Listrik ü
Keamanan dan kebersihan
|
Rp..............
Rp...............
Rp................ Rp................
Dijumlahkan Rp..................... |
|
Biaya
opreasioanal |
( biaya tetap +
biaya variabel ) |
Rp.................. |
|
Penerimaan
perbulan :
|
ü
Penjualan
Rp......x berapa porsi x 30 hari ü
Penjualan
minuman Rp. ......... X berapa porsi X 30 hari |
Rp................
Rp...............
Total penerimaan
Rp............ |
|
Keuntungan per
bulan |
Keuntungan =
total penerimaan- total biaya operasional |
Rp...................... |
|
Pay back period
( kembali modal awal ) |
Total biaya
investasi : keuntungan x 1 bulan |
Rp................ |
Tugas individu 2 :
Menyusun
analisis peluang usaha berdasarkan gambaran sekitar lingkungan kalian
ü Menyusun analisis peluang usaha dengan bahasa sendiri /
membuat analisa penilaian suatu peluang usaha yang ada disekitar kita
menggunakan ukuran dan data sendiri dan sekaligus membuat gambaran kedepan
untuk usahanya .
ü Sistematika analisis peluang usaha bisa menggunakan
metode analisis SWOT atau 5W+1H mana yang lebih sesuai dengan kemampuan siswa.
Jobsheet 1:
Menyusun
analisis peluang usaha secara sederhana dengan menggunakan analisis SWOT :
1. STRENGTH ( kelebihan ) diantaranya :
ü Kelebihan produk :
Lele berkulitas dan erkuantitas tinggi
ü Kelebihan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang
dimiliki ) : memiliki pengetahuan usaha ternak lele
ü Kelebihan
tempat/kios yang digunakanBersih dan Higenis
2. WEAKNES
(kekurangan ) diantaranya :
ü Kekurangan produk : banyak lele yang mati ( terkadang )
ü Kekurangan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang
dimiliki ) : Tidak tau apa yang harus di lakukan saat kerugian lele mati
ü Kekurangan tempat/kios yang digunakan : tempat tidak
startegis
3. OPPORTUNITY (peluang /kesempatan ) diantaranya :
ü Peluang produk di masyarakat : tinggi peminat
ü Peluang produyk dengan pesaingnya : sedikit
ü Peluang produk kedepannya : berusaha menjadi lele yang
lebih berkualitas
4. THREAT (ancaman ) diantaranya:
ü Ancaman pesaing : tidak ada
ü Ancaman dari maysarakat : tidak ada
ü Ancaman perubahan /kondisi : sedang
TUGAS 3
Latihan essay :
1. Apa yang dimaksud dengan analisis kelayakan usaha?
Yaitu membahas tentang berbagai konsep
dasar yang berkaitan dengan keputusan dan proses pemilihan proyek bisnis agar
mampu memberikan manfaat ekonomis dan sosial sepanjang waktu
2. Jelaskan tujuan di buatnya analisis usaha!?
Untuk mengetahui apakah suatu usaha
tersebut layak/tidak untuk dilaksanakan, serta untuk mengetahui laba dan rugi
usaha tersebut kedepannya.
3. Sebutkan 2 metode analisis kelayakan usaha!
Analisis SWOT dan Analisis 5W+1H
4. Sebutkan cara berpikir apa agar peluang usaha muncul pada
diri kita!
a.
Positif arahkan pada hal hal yang mempermudah dan
bermanfaat
b. Kreatif
arahkan pada hal hal yang akan membuat orang tertarik pada produk kita
c. Inovatif
arahkan pada penciptaan produk baru yang berguna dimasyarakat
d. Inisiatif
langsung bergerak jangan ditunda lagi
e. Fleksibel
sesuaikan dengan perubahan yang terjadi
f. Responsibel
dapat selalu mengikuti perkembangan yang terjadi
5. Sebutkalah 5 pemanfaatan peluang usaha secara kreatif dan
inovatif dari barang bekas
Tugas 4 :
1. Buatlah analisis SWOT dengan membandingkan 2 jenis produk
/usaha dan buat hasil analisisnya secara
jelas
Produk 1 :
1. STRENGTH ( kelebihan ) diantaranya :
ü Kelebihan produk :
Lele berkulitas dan erkuantitas tinggi
ü Kelebihan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang
dimiliki ) : memiliki pengetahuan usaha ternak lele
ü Kelebihan
tempat/kios yang digunakanBersih dan Higenis
2. WEAKNES
(kekurangan ) diantaranya :
ü Kekurangan produk : banyak lele yang mati ( terkadang )
ü Kekurangan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang
dimiliki ) : Tidak tau apa yang harus di lakukan saat kerugian lele mati
ü Kekurangan tempat/kios yang digunakan : tempat tidak
startegis
3. OPPORTUNITY
(peluang /kesempatan ) diantaranya :
ü Peluang produk di masyarakat : tinggi peminat
ü Peluang produyk dengan pesaingnya : sedikit
ü Peluang produk kedepannya : berusaha menjadi lele yang
lebih berkualitas
4. THREAT (ancaman ) diantaranya:
ü Ancaman pesaing : tidak ada
ü Ancaman dari maysarakat : tidak ada
ü Ancaman perubahan /kondisi : sedang
Produk
2 :
- STRENGTH ( kelebihan
) diantaranya :
ü Kelebihan produk :
Bakso berkualias tinggi
ü Kelebihan wirausaha( pengetahuan dan keterampilan yang
dimiliki ) : memiliki cabang
ü Kelebihan tempat/kios yang digunakan : sangat strategis
-OPPORTUNITY (peluang
/kesempatan ) diantaranya :
ü Peluang produk di masyarakat : tinggi peminat
ü Peluang produyk dengan pesaingnya : sedikit
ü Peluang produk kedepannya : berusaha menjadi baso yang
lebih enak
2. Carilah sebuah artikel tentang study kelayakan usaha
dengan cara browsing di kelompok internet.
Tugas 5 :
Buatlah sebuah kelompok
terdiri atas 5 orang ,lalu kelompok tersebut menyusun sebuah gambaran dari
suatu lingkungan dimana mereka tinggal setelah itu buat pola kebutuhan dari
lingkungan tersebut disertai dengan jumlah permintaannya,kemudian buat study kelayakan
usaha produk apa yang bisa memenuhi kebutuhan lingkungan
tersebut,sistematikanya seperti :
a.
Jumlah
penduduk..........................................................................................................................................................................................................................
b. Jumlah
pelajar,mahasiswa,pekerja swasta dan
negri..........................................................................................................................................................................................................................
c.
Jumlah anak anak ,orang dewasa,perempuan dan laki
laki...............................................................................................................................................................................................................
d. Jumlah
warung ,warung nasi ,dan warung lainya disebutkan
..........................................................................................................................................................................................................................
e.
Sosial dan budaya masyarakat..........................................................................................................................................................................................................................
f.
Kebiasaan yang timbul
dan menjadi ciri khas daerah
tersebut..........................................................................................................................................................................................................................
g. Kegiatan
/acara yang sering diadakan di lingkungan darah
tersebut..........................................................................................................................................................................................................................
h. Produk
yang sering digunakan oleh
masyarakat..........................................................................................................................................................................................................................
i.
Produk yang dibutuhkan namun agak jauh untuk
mendapatkannya..........................................................................................................................................................................................................................
j.
Produk yang
diutamakan..........................................................................................................................................................................................................................
k.
Hal lain yang mendukung data untuk menyusun study
kelayakan usaha secara
sederhana..........................................................................................................................................................................................................................
Peluang usaha bisnis perangkat keras berbasis komputer
Peluang dan perencanaan adalah dua hal penting yang saling
berkaitan,ketika suatu peluang muncul maka hal selanjutnya yang harus dilakukan
adalah melakukan perencanaan,karena perencanaan adalah hal yang paling mendasar
dalam membangun sebuah bisnis.setiap peluang tentu saja memiliki resikonya
sendiri ,kedua hal tersebut bagaikan 2 sisi dalam mata uang.tentu saja hal yang
bisa kita lakukan adalah meminimalisir resiko untuk dapat memaksimalkan
peluang.
1. Ciri ciri peluang usaha yang baik
meliputi :
a.
Peluang itu oriinil dan tidak meniru,berasal dari
pemikiran dan perhitungan kita sendiri,bukan hasil nekat akibat meniru peluang
usaha dari orang.
b.
Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan
,persaingan dan kebutuhan pasar dimasa yang akan datang
c.
Benar benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa
bertahan lama
d.
Tingkat visibilitas
(kelayakan usaha ) benar benar teruji dapat menawarkan laba,sesuai
kebutuhan pasar,teruji ketahannnya.
e.
Ada keyakinan untuk mewujudkannya
f.
Ada rasa senang dalam menjalankannya
2. Resiko usaha ,
merupakan
informasi,kejadian,kerugian atau pekerjaan yang terjadi sebagai akibat dari
keputusan yang diambil dalam kehidupan sehari hari. Resiko harus memiliki 2
karakteristik :
a.
Resiko
adalah ketidak pastian atas terjadinya suatu pristiwa
b. Resiko adalah ketidak pastian yang
bila terjadi akan menimbulkan sesuatu
Resiko dibagi menjadi 6 jenis
:
a. Resiko
teknis /kerugian,terjadi karena kurang mempunyai manajer /wirausaha dalam
mengambil keputusan resiko yang dapat sering terjadi berhubungan dengan :
v Biaya produksi yang tinggi
v Resiko karena adanya pemogokan karyawan,akibat
kesejahteraan kurang diperhatikan
v Pemakaian sumber daya yang tidak seimbang (tk banyak)
v Terjadi kebakaran akibat keteledoran
v Terjadi pencurian karena kurang pengawasan
v Terus menerus terjadi kerugian karena biaya yang terus
membengkak serta harga jual tidak berubah
v Penempatan TK yang kurang tepat sehingga produktivitas
menurun
v Perencanaan dan desain yang salah sehingga sulit untuk
dioperasioanlkan
v Resiko tidak dapat dipercaya oleh perbankan akibat terjadi kredit macet
didalam perusahaan.
Resiko macam demikian dapat diatasi dengan melakukan hal
hal :
1. Manajer /wirausaha menambah pengetahuan tentang:
a. Keterampilan teknis terutama yang berkaitan dengan proses
produksi yang dihasilkan
b. Kemampuan mengorganisasi ,kemampuan yang meramu yang
tepat dari faktor produksi usaha
mencangkup sumber daya modal
c. Kemampuan memimpin.kemampuan untuk mencapai tujuan usaha
dan dapat dikerjakan dengan baik dan serasi oleh semua orang yang ada pada
organiisasi,untuk itu setiap pemimpin harus membuat konsep kerja.
2. Membuat strategi yang terarah untuk masa depan
Strategi yang
dimaksud adalah strategi produksi,strategi keuangan,strategi SDM,stategi
operasional,stategi pemasaran,dan strategi penelitian dan pengembangan.tujuan
dari strategi2 ini adalah:
a. Untuk tetap memperoleh laba
b. Hari depan yang lebih baik dri sekarang
c. Agar tetap bertahan
3. Mengalihkan
kerugian pada perusahaan asuransi
Contoh
asuransi kebakaran dan asuransi tenaga kerja
b. Resiko pasar
Resiko ini terjadi
akibat produk yang dihasilkan kurang laku atau tidak laku dipasar,produk sudah
kuno sehingga penerimaan yang diperoleh menurun dan terjadi kerugian,hal ini
akan menjadi bencana usaha yang berakibat usahanya gulung tikar.resiko pasar
lainnya adalah persaingan,kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan
selalu diamati oleh perusahaan lain oleh karena itu para pebisnis tidak bolleh
lengah terhadap kegiatan yang sedang berkembang agar tidak berakibat yang patal
karena tindakan pesaing.
Hal ini merupakan resiko bagi para pebisnis yang
mengakibatkan barang tidak laku di jual adalah :
1. Adanya perkembangan teknologi
2. Adanya peraturan yang baru dari yang berwajib
3. Adanya hubungan inter sehingga
pencurian,kecelakaan,kebakaran
Berikut ini adalah upaya yang
dapat ditempuh untuk mengantisifasi resiko ini adalah sbb:
ü Mengadakan inovasi,misal membuat desain baru dari produk
yang disenangi konsumen
ü Mengadakan penelitian pasar dan memeperoleh informasi
pasar secara berkesinambungan.
c.
Resiko
kredit
Adalah resiko yang
ditanggung oleh kreditur akibat debitur tidak membayar pinjaman sesuai waktu
yang telah disepakati.akibatnya timbulah kredit macet,bagaimana cara seorang
wirausaha dalam mengantisipasi resiko tersebut ? upaya mengantisifasi resiko
kredit dapat ditempuh melalui :
ü Jangan memberikan kredit kesembarang orang,tetapi berikan
pada orang yang tepat atau memenuhi syarat sbb:
·
Dapat
dipercaya
·
Kemampuan
untuk membayar
·
Kemampuan
modal sendiri yang ditempatkan dalam usaha.
·
Kondisi
usaha selama ini
ü Jangan mmemberikan pinjaman terlalu besar dan
mengevaluasi kredibilitas debitor
ü Memperhatikan pengelolaan dana debitor jika yang
bersangkutan memiliki perusahaan,yang perlu diperhatikan adalah lembaran
neraca,R/L tahunan dan aliran dana setiap tahun.
d. Resiko diluar kemampuan manusia
Meliputi:
:.................................................................................................................................................................................................................
e. Resiko riil
Merupakan resiko
yang dapat terhitung,dapat terlihatbisa diantisifasi dan bisa dihindari.
Meliputi
:.................................................................................................................................................................................................................
f. Resiko fsikologis
Merupakan resiko
yang tidak dapat terhitung,tidak dapat terlihat bisa diantisifasi tapi belum
tentu bisa dihindari.
Meliputi:
:.................................................................................................................................................................................................................
Analisa peluang usaha dibidang perangkat keras komputer
Dalam pertemuan kali ini kita akan melihat contoh 3
peluang usaha yaitu :
1. Peluang
usaha bisnis drone untuk kegiatan
pertanian
Tujuan di dari pembuatan
drone adalah untuk membantu para petani yang memang rata-rata sudah berusia
lanjut.
2. Peluang
usaha pembuatan wajan bolik
Apa
itu Wajan Bolic?
Wajan
Bolic adalah sebuah
antena yang terbuat dari bahan dasar Wajan. Wajan Bolic adalah versi keduanya
dari Antena Grid, bedanya
Wajan Bolic dengan Antena Grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi
harganya. Antena grid/ satelit seperti yang kita tahu, harganya sangatlah
mahal, mungkin bisa 2 atau 3 juta-an. Sementara Wajan Bolic hanya
membutuhkan biaya kurang dari 200.000. Dengan fungsinya yang hampir sama dengan
antena grid, Wajan Bolic lebih efisien. Wajan Bolic merupakan antena
reciever gelombang radio dengan frekuensi 2.4Ghz. Dan hebatnya lagi, Wajan Bolic adalah karya anak Indonesia, mantap kan?
Antena
yang terbuat dari bahan dasar wajan aluminium yang berfungsi sebagai penangkap
signal wifi.wajan bolic adalah versi kedua dari antena gird,bedanya wajan bolic
dengan antena grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya.
a.
Fungsi wajan bolik
Wajan
bolic memiliki fungsi :
ü
Menembak sinyal wifi yang letaknya jauh
ü
Memperkuat sinyal wifi
ü
Manambah sinyal modem
b.
Alat dan bahan dalam membuat wajan bolic
Cara Pembuatannya?
Nah
inilah tahap yang di tunggu2..
BAHAN :
1.
Wajan diameter 30 cm ?
(semakin besar diameternya semakin bagus)
2.
PVC paralon tipis ukuran 3” 30cm
3.
Doff 3 “ 2 buah
4. lakban Aluminium foil
5.
Baut + mur ukuran 12 dan 14
6. modem USB WLAN
6. Modem USB Wireless
7.
Kabel USB Extension 1 meter (panjang sesuai kebutuhan, bisa di beli di toko
komputer)
PERALATAN :
1.
Penggaris
2.
Pisau/ Cutter
3.
Gergaji besi
4.
Bor (untuk melubangi wajan dan doff)
5.
Kikir (Untuk memperbesar lubang wajan setelah di-Bor untuk mendapatkan ukuran
yang sesuai dengan Baut ukuran 12 dan 14)
6,
Cemilan sama teh + Lagu Peterpan
PERKIRAAN HARGA :
Perkiraan
harga yang dikeluarkan untuk membeli bahan WajanBolic adalah kurang dari
Rp 300.000,-. Bandingkan jikan Anda harus membeli antenna Grid 24 db, yang
bikinan local saja mencapai Rp 500.000 ,- lebih dan yang import bisa
mencapai Rp 1.000.000 ,- lebih. Atau membeli antenna grid local yang
harga nya Rp 200.000 ,- sedangkan yang import bisa mencapai Rp
300.000 lebih.
LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN :
1.
Siapkan
semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
2.
Lubangi
wajan tepat di tengah wajan tersebut seukuran baut ujuran 14, jika kurang besar gunakan kikir ,
cukup satu lubang saja.
Kemudian,
ukur diameter wajan dan kedalaman wajan. Kenapa harus pake ngukur2
segala? Ini kita gunakan untuk menghitung Feedernya (permukaan pipa yang tidak di lapisi Alumunium
Foil). Rumus mencari Feeder:
F= D^2/(16*d)
*Ket:
- F: Feeder
- D: Diameter Wajan
- d: Kedalaman Wajan
- ‘^’pangkat, ‘/’ pembagian, ‘*’
perkalian
Contoh : Wajan
dengan D = 70 cm, d = 20 cm maka jarak titik focus dari center dish : F = D^2
/(16 *d) = 70 ^2 / (16 *20) = 15.3
cm (Bagian yang tidak diberi Alumunium Foil.
1.
Potong PVC paralon sepanjang 30 cm,
kemudian beri tanda untuk jarak feeder-nya ( daerah bebas aluminium
foil). Untuk menentukan panjang feeder-nya gunakan rumus di atas.
2.
Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan USB Wireless, sekitar 5cm dari ujung PVC.
3.
Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan dgnaluminium foil pada daerah
selain feeder, kalo aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk
merekatkannya bisa menggunakan double tape.
4.
Bor Doff yang satu untuk lubang baut yang akan di pasang di Wajan
5.
Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung PVC harus
di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di
beri aluminium foil
6.
Masukkan USB Wireless pada lubang yang sudah di tandai tadi
8.
Dan pasangkan doff tadi ke PVC paralon
9.
Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff yang satu
nya lagi, sebelumnya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran baut yang
sudah di siapkan, dan kencangkan secukupnya.
10.
Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.
Baiklah
11. Selesai. Wajan bolic tinggal di atur/
diarahkan tempat berada WI-FI nya.
12.
Kalau gagal, seperti USB Wireless tidak terbaca, atau terbaca tapi tidak
mendapatkan sinyal hotspot yang di tembak, kemungkinan besar ada kesalahan
kecil saat perakitan. ^^ Silahkan komen kalau ada yang tidak di mengerti atau
bermasalah ^^v
c.
Cara kerja wajan bolic
Yaitu menempatkan bagian sensitif antene pada titik pokus
parabola (wajan) sehingga semua gelombang elektromagnetik yang mengenai wajan
akan berkumpul dan diterima Oleh bagian tersebut.jangkauan kerja antene ini
dapat mencapai hingga 1-2 km bahkan sampai 5 km tergantung besar diameter wajan
dan kualitas wajan itu sendiri.antene wajan bolic terdiri atas 3 komponen utama
yaitu :
·
Reflektor yang
terbuat dari wajan,dapat digunakan wajan yang berdiameter minimal 40
cm,semakin besar ukuran wajan akan semakin baik karena semakin banyak
prekuwensi radio yang dapat di tangkap.
·
Bagian sensitif antena berbentuk tabung berisi USB
WLAN.Sebagai tabung dapat digunakan pipa paralon 3” sepanjang 23 cm dan bungkus 16 cm dari panjangnya dengan
aluminium foil.
·
Kabel penghubung antene ke komputer, menggunakan kabel
USB yang biasanya disediakan dalam paket USB WLAN,di potong dibagian tengah dan
disambung dengan menggunakan kabel UTP /kabel LAN.
d.
Peluang usaha produk wajan bolic
Wajan bolic memiliki peluang usaha yang sangat bagus karena dunia sekarang ini sedang di landa demam internet .sekarang ini
internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi manusia.dengan adanya produk wajan
bolic ,pengguna internet tidak perlu kwatir tentang kelancaran sinyal internet
,sinyal internet akan tetap kencang wajan dlam kondisi hujan sekalipun,karena
wajan bolic juga memiliki fitur frame,sehingga terlindung dari cuaca apapun.
Cara Membuat Wajan Bolic (Lengkap dan
Terperinci!)
Sebelum membuat Wajan Bolic, kita harus tau dulu apa
itu Wajan Bolic dan apa fungsinya.
3. Pembuatan
usaha cassing komputer
Cassing
ini berfungsi sebagai pelindung dan pakaian CPU atau komponen lainnya.
a.
Fungsi casing komputer ,meliputi :
ü Melindungi
berbagai komponen didalamnya dari debu,panas matahri dan kotoran laiinya saat
bekerja.
ü Hampir
semua peripheral menggunakan cassing sebagai tempat dudukannya.
ü Exhaus
fan yang berfungsi sebagai pendingin ruangpun,menggunakan casssing sebagai
tempat beroperasi mengatur suhu di CPU
ü Casing
PC yang juga amat penting ialah sebagai tempat dudukan tombol tombol atau lapu
lampu .contohnya tombol power pada lampu
ü Casing
juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai kediaman ( rumah Mainboard) power
suply yang memberikan tugas buat semua komputer.
b. Casing
Komputer Kayu yang unik
Cara pembuatannya juga terbilang mudah asal anda bisa
menyediakan bahan-bahan utama adalah kayu dan paku.
Berikut
alat dan bahannya:
–
Pisau
– (1)
2x4ft lembar, kayu lapis birch 3/16in
– (1)
2x2ft lembar, kayu lapis birch 3/16in
–
Ampela ukuran 150 dan 400 amplas grit
–
Enamel Paint
–
Warna alami Velvit minyak
– Lem
super atau lem kayu
–
Sekrup kayu kecil
Berikut
penampakannya hanya dari melihat gambarnya paling tidak anda sudah bisa melihat
dan merancang seperti apa casing komputer yang anda inginkan.
c. Analisis
SWOT dalam usaha perangkat keras komputer
Tidak
dipungkiri suatu hasil analisis sangat dapat berguna untuk internal perusahaan
itu sendiri (sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja) dan pihak
eksternal (sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi). Sebelum lebih jauh
mengenai contoh analisis SWOT, tidak salahnya kita mengulang kembali pengertian
analisis SWOT atau apa itu analisis SWOT.
Pengertian
Analisis SWOT :
Pada kesempatan kali ini yuk kita
bahas Pengertian Analisis SWOT, pertama-tama kita perlu
mengetahui singkatan dari SWOT itu sendiri, yaitu:
S = Strengths (Kekuatan)
W = Weaknesses (Kelemahan)
O = Opportunities (Kesempatan)
T = Threats (Ancaman)
Manfaat Analisis SWOT:
Metode analisis SWOT
merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang
berbeda, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu
mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan,
selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats)
yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru.
Dengan
saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan
kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan
atau melengkapi pemahaman tentang analisis SWOT, maka saya akan memberikan
bagaimana contoh analisis SWOT suatu perusahaan.
Tanpa panjang lebar, yuk kita ke bahasan
contoh analisis swot perusahaan (saya ambil contoh perusahaan NOKIA), Contoh
analisis SWOT NOKIA:
v
Faktor internal :
1. Strengths (Kekuatan)
·
Pengalaman
Bagaimana
tidak, NOKIA masuk dunia mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992
sudah mulai meluncurkan ponsel GSM dengan produk Nokia 1011.
·
Jaringan
Terbesar Penjualan & Distribusi
Nokia
merupakan brand yang telah melekat di hati para kosumen dan merupakan perintis
ponsel yang saat ini sangat di butuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja
kekuatannya terletak pada terbesar penjualan dan distribusinya.
·
Hubungan
Pelanggan yang Kuat
Bicara
brand NOKIA maka hampir seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang
loyal serta setia pasti susah untuk pindah ke lain hati.Berbagai Macam Produk
untuk Semua Kelas Tidak
hanya sebatas hubungan pelanggan yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya
dengan berbagai macam produk yang sesuai kelas.
2. Weaknesses (Kelemahan)
·
Kurang
Gaya Dalam Produk Murah
Memang
sudah wajar, harga menentukan sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini
menjadi kelemahan yang mana produk China dapat membuat replika dengan gaya
eksklusif tetapi tetap dengan harga yang sangat murah.
·
Kehilangan
Pangsa Pasar
Untuk
saat ini Nokia memang telah kehilangan pasarnya setelah symbian tidak lagi
update, lalu di akuisisi oleh Microsoft dengan OS Windows Phone.
v Faktor
eksternal :
3. Opportunities (Kesempatan)
·
Pertumbuhan
Pasar Baru
Dengan
pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu handphone berbasis smartphone maka ini
menjadi suatu peluang untuk berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.
4. Threats (Ancaman)
·
Ponsel
China
Ponsel
China merupakan suatu ancaman yang sangat serius bagi Nokia, karena dengan
fitur yang cukup hampir sama, mereka berani menjual dengan harga murah dan ini
pun menjadi sebuah perang harga.
·
Pesaing
Seperti Samsung & Apple
Dari
tahun 2000 an – 2010 Nokia memang tiada tandingannya dalam hal ponsel, karena
memang memberikan setiap kebutuhan para konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011
para pesaing Nokia (khususnya Samsung dan Apple) mulai melejit, berikut
statistik penjualannya:
Contoh
produk perangkat lunak dan peluangnya
1. Perangkat lunak teknologi dan kecerdasan buatan
Kecerdasan Buatan adalah salah
satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk
memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini
biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi
berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai
algoritma yang dikenal oleh komputer.
Dengan suatu pendekatan yang
kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan,
yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya
dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang
lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang
lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi
kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
Pengertian lain dari kecerdasan
buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat
melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal
diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun
seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi
kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung,
lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan
segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Lingkup utama kecerdasan buatan:
ü Sistem
pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar.
Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah
dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar
ü Pengolahan
bahasa alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu
berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
ü Pengenalan
ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan
komputer dengan menggunakan suara.
ü Robotika
dan Sistem sensor
ü Computer
vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak
melalui computer
ü Intelligent
Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat
melatih dan mengajar
Keuntungan
Kecerdasan Buatan :
1.
Kecerdasan
buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami
perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan
buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak
mengubahnya.
2.
Kecerdasan
buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia
dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu
keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika
pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat
ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer
lain
3.
Kecerdasan
buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan
komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan
seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat
lama.
4.
Kecerdasan
buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah
bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa
berubah-ubah.
5.
Kecerdasan
buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat
didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem
tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
6.
Kecerdasan
buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan
alami
7.
Kecerdasan
buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan
alami.
Keuntungan kecerdasan alami:
1.
Kreatif.
Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada
jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus
dilakukan melalui sistem yang dibangun
2.
Kecerdasan
alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung.
Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik
3.
Pemikiran
manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat
terbatas.
MULTIMEDIA
CONTENT PRODUCTION
PENGERTIAN MULTIMEDIA
Kata
multimedia merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa lati, yaitu Multi
dan Medium, Multi yang artinya banyak atau bermacam-macam, sedangkan Medium
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Sedangkan arti
Medium menurut American Heritage Electronic Dictionary, 1991) yaitu
alat dan cara untuk mendistribusikan dan mempresentasikan.
Definisi Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasidan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
·
Kategori Multimedia
Multimedia
dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
- Multimedia Content Production adalah
penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa
teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks,
audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang
baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah
:
- Media teks atau tulisan
- Media audio atau suara
- Media video
- Media animasi
- Media gambar
- Media Interaktif
- Media spesial effect
- Multimedia Communication adalah
penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan
internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material
periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah :
- TV
- Radio
- Film
- Media Cetak
- Musik
- Game
- Entertainment
- Tutorial
- Internet
- Jenis jenis Konten Multimedia
Menurut
(Green & Brown, 2002: 2-6) Multimedia interaktif menggabungkan dan
mensinergikan semua media yang terdiri dari:
a. Teks
Teks
adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa
lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh:
Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu
teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks
dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu
huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu
huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b. Grafik
Grafik
adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik.
Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan
melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat
kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan
(reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan
adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti
gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan
perempuan.
Grafik
terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu
foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan
size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar
bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan
size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c. Audio
Audio
atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan
menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect, back
sound.
d. Interaktivitas
Interaktivitas
bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program
multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam
bentuk media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program
tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna.
Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor
design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur
linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan
situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai
macam pilihan kepada pengguna.
Green
& Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan
dalam menyajikan multimedia, yaitu:
- Berbasis kertas
(Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
- Berbasis cahaya
(Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
- Berbasis suara
(Audio-based), contoh: CD Players, tape recorder, radio.
- Berbasis gambar bergerak
(Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder),
film.
- Berbasiskan digital
(Digitally-based), contoh: komputer.
- Jenis-jenis Multimedia
1. Multimedia
Interaktif
Pengguna
atau user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen
multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif,
apilkasi program, virtual reality,dll.
2. Multimedia
Hiperaktif
Multimedia
jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan
oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada.
Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh:
world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll
3. Multimedia
Linear / Squential
Multimedia
Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa
dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia
Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara
media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan
sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna.
Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai
akhir. Contoh: Movie atau film, e-book, musik dan siaran TV.
4. Multimedia
presentasi pembelajaran .
Multimedia
presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran
dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft
Power Point.
5. Multimedia
pembelajaran mandiri.
Multimedia
pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh
siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus
dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur
assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah.
Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
6. Multimedia
kits
Multimedia
kits adalah kumpulan pengajaran bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari
satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
yang
termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY
CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan :
multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi
mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki
keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
7. Hypermedia
Dokumen
berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
Contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
8. MEDIA
INTERAKTIF
Sistem
ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan
bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak
hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan
aktif. Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan
semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
9. VIRTUAL
REALITAS
Virtual
realitas adalah media yang dapat disulasiakan tempat di dunia nyata Keunggulan:
untuk digunakan menggambarkan berbagai jenis aplikasi umumnya terkait dengan
mendalam, sangat visual, 3D lingkungan.
Multimedia
adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan
sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti :
v Multimedia
dalam bisnis
- Company Profile adalah
sarana untuk memperkenalkan perusahaan dengan berbagai media yang ada
- Iklan adalah segala
bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide
yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada
sebagian besar masyarakat.
- Presentasi Bisnis adalah
penyampaian data, fakta dan informasi mengenai suatu produk oleh presentator
kepad pihak terkait yang hadir dalam suatu forum bisnis
- Simulasi atau
demonstrasi produk adalah sebuah
metode pelatihan dimana di dalamnya akan dibuat sebuah peristiwa atau
situasi yang menyerupai dengan keadaan yang sebenarnya. Dengan menggunakan
metode simulasi, pegawai akan diajak untuk merasakan bagaimana situasi
ketika mereka bekerja secara nyata, sehingga pada saat mereka bekerja
dalam pekerjaan yang sebenarnya mereka akan lebih bisa memahami tentang
kondisi atau keadaan yang mereka hadapi.
- dll
v Multimedia
dalam pendidikan
- Media pembelajaran
adalah alat bantu proses
belajar mengajar. Segala sesuatu
yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup
pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang
dimanfaatkan untuk tujuan
pembelajaran / pelatihan.
- Simulasi keilmuan
seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll
v Multimedia
dalam bidang kesehatan
- Simulasi anggota tubuh
seperti otak, usus, paru-paru
- Simulasi bakteri, virus,
cara kerja penyakit
- Media penyuluhan
kesehatan
v Multimedia
dalam bidang keagamaan
- Ceramah agama di
televisi dan radio
- Quran digital dengan
gambar dan suara
- Doa dengan gambar dan
suara
- Simulasi sholat dan
Komentar
Posting Komentar
Tulis Komentar